Pengembangan Video Tutorial pada Trainer Panel System Programmable Logic Controller pada Mata Pelajaran Instalasi Motor listrik di SMK

Mappalotteng, Abdul Muis and Mangesa, Riana. T and Purnamawati, Purnamawati and Hidayatullah, Andi Muhammad (2016) Pengembangan Video Tutorial pada Trainer Panel System Programmable Logic Controller pada Mata Pelajaran Instalasi Motor listrik di SMK. In: Seminar Nasional "MEGA TREND INOVASI DAN KREASI HASIL PENELITIAN DALAM MENUNJANG PEMBANGUNAN BERKELAN]UTAN", 2 Juni 2016, Makassar, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Artike Prosiding Seminar Nasional)
Doc_ProsNas_AbdulMuisM_PLC.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Artikel Prosiding Seminar Nasional)
Peer_ProsNas_AbdulMuisM_PLC.pdf - Published Version

Download (700kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) proses pengembangan bahan ajar PLC berbasis video tutorial pada mata pelajaran instalasi motor listrik, (2) Pengembangan bahan ajar telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif di SMK Negeri 1 Pattalassang. Pengembangan bahan ajar ini mengacu pada model pengembangan Borg & Gall. Objek peneliti adalah 20 orang siswa kelas XI listrik 1 pada tahun pelajaran 2015-2016 di SMK Negeri 1 Pattallassang.Penelitian pengembangan bahan ajar berbasis video tutorial ini digunakan beberapa langkah, yaitu: pertama, studi pendahuluan yang terdiri dari studi pustaka, studi lapangan, penyusunan produk. kedua, uji coba pengembangan produk yang terdiri dari uji coba terbatas dan uji coba luas, dan yang ketiga adalah validasi produk. Setelah melakukan uji coba terbatas pada 5 orang siswa diperoleh hasil (82%) sangat diperlukan, sangat mudah dipahami, sangat berminat, dan sangat bermanfaat. 2 butir pertanyaan lainnya (45%) dijawab menarik, praktis, mudah, lengkap, dan diperlukan. Berdasarkan hasil rerata respon siswa pada uji coba terbatas, diperoleh hasil bahwa pembelajaran dengan menggunakan video tutorial, 3 orang siswa (60%) diantaranya memberikan respon sangat baik/sangat praktis dan 2 orang siswa (40%) memberikan respon baik/praktis. Pada uji coba luas dari 15 butir pertanyaan tentang penggunaan video tutorial pembelajaran, secara rerata oleh 20 orang siswa: 12 butir pertanyaan (80%) dijawab sangat menarik, sangat baik, sangat praktis,sangat berminat, sangat bermanfaat dan sangat mudah dipahami. 3 butir soal lainnya (20%) dijawab mudah dipahami, mudah diikuti, dan praktis. Pada ujicoba lebih luas dengan jumlah responden 20 orang siswa diperoleh hasil respon siswa yaitu 16 orang siswa (80%) memberikan respon sangat baik/sangat praktis dan 4 siswa lainnya (20%) memberikan respon baik/praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar PLC berbasis video tutorial pada mata pelajaran instalasi motor listrik di SMK Negeri 1 Pattallassang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efisien.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 18 Jun 2019 08:06
Last Modified: 18 Jun 2019 08:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13431

Actions (login required)

View Item View Item