PENGARUH PERSEPSI SISWA ATAS FASILITAS BELAJAR TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PANGKEP

Anna, Nur (2019) PENGARUH PERSEPSI SISWA ATAS FASILITAS BELAJAR TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PANGKEP. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel Skripsi_NUR ANNA_ UNM.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa atas fasilitas belajar terhadap efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran akuntansi kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Pangkep. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Pangkep yang berjumlah 120 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 55 siswa dari total keseluruhan siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Pangkep. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear sederhana, uji-t dan analisis koefisien determinasi. Hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh model persamaan Y = 19,819 +0,369X, yang berarti jika persepsi siswa atas fasilitas belajar nilainya adalah nol, maka efektivitas pembelajaran nilainya sebesar 19,819. Sedangkan nilai koefisien regresi sebesar 0,369 yang menunjukkan bahwa ketika persepsi siswa atas fasilitas belajar mengalami peningkatan 1 satuan, maka efektivitas pembelajaran juga akan mengalami peningkatan sebesar 0,369 satuan. Hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikan 0,000 < taraf signifikan 0,05. Dengan demikian hipotesis dinyatakan diterima. Hasil koefisien determinasi R2=0,418 yang menunjukkan bahwa persepsi siswa atas fasilitas belajar berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran sebesar 41,8% sedangkan sisanya 58,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor selain persepsi siswa atas fasilitas belajar. Kata Kunci: Persepsi Siswa atas Fasilitas Belajar, Efektivitas Pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Jun 2019 02:53
Last Modified: 13 Jun 2019 02:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13382

Actions (login required)

View Item View Item