PENGARUH PENERAPAN PEBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH MURID SDN 174 SAMAENRE KECAMATAN TELLU LIMPOE KABUPATEN BONE

ASDAR, ASDAR (2019) PENGARUH PENERAPAN PEBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH MURID SDN 174 SAMAENRE KECAMATAN TELLU LIMPOE KABUPATEN BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ASDAR.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui gambaran penerapan pembelajaran problem solving di SD Negeri 174 Samaenre Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Bone. (2) Untuk mengetahui gambaran kemampuan menyelesaikan masalah murid di SD Negeri 174 Samaenre Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Bone. (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap kemampuan dalam memecahkan masalah murid di SDN 174 Samaenre Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Bone. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimen dengan desain penelitian One-Group Pretess-Posttest Design. Menurut Sugiyono (2016:74) “One-Group Pretess-Posttest Design. Tehnik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari 25 orang siswa SD Negeri 174 Samaenre Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Bone. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan bantuan aplikasai SPSS 21 for windows. Dimana hasil penelitian, menunjukkan bahwa kemampuan penyelesaian masalah siswa dengan menerapkan pembelajaran problem solving sebelum perlakuan berada pada kategori rendah dan sesudah perlakuan kemampuan menyelesaikan masalah siswa berada pada kategori tinggi. Analisis Inferensialnya menunjukkan ada pengaruh penerapan pembelajaran problem solving terhadap kemampuan menyelesaikan masalah siswa. Kata Kunci: problem solving, kemampuan menyelesaikan masalah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Jun 2019 00:06
Last Modified: 13 Jun 2019 00:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13371

Actions (login required)

View Item View Item