ARTIS DANGDUT NASIONAL SEBAGAI MEDIA KAMPANYE BUPATI TERPILIH TAHUN 2015 DI KABUPATEN SOPPENG

Novita, Novita (2019) ARTIS DANGDUT NASIONAL SEBAGAI MEDIA KAMPANYE BUPATI TERPILIH TAHUN 2015 DI KABUPATEN SOPPENG. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (350kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Popularitas artis dangdut nasional di Kabupaten Soppeng dimulai pada tahun 2000-an hingga sekarang ini, saat munculnya acara pencarian bakat di stasiun televisi pada tahun 2004 serta pada tahun 2014 mulai menampilkan biduan yang berasal dari Sulawesi Selatan, yaitu Aty Selayar (2014), Evi Masamba (2015) dan Selfi Soppeng (2018) pada saat munculnya biduan dari provinsi Sulawesi Selatan menjadikan masyarakat semakin suka menyaksikan dangdut di Kabupaten Soppeng; (2) Pertimbangan pemilihan artis dangdut nasional sebagai media kampanye dikarekan, dangdut dianggap memiliki banyak penggemar, kebutuhan masyarakat yang suka dengan dangdut, adanya acara stasiun televisi yang menampilkan acara pencarian bakat dangdut, dangdut yang merakyat dan dangdut dekat dengan rakyat, serta dangdut dianggap dapat menggerakkan massa; (3) Efektivitas pemilihan artis dangdut nasional sebagai media kampanye bukanlah faktor utama pendulang suara terbanyak, pendulang suara terbanyak yaitu door to door, dangdut hanya digunakan tim sukses, bupati dan wakil bupati terpilih sebagai media penggerak massa untuk mendatangi lokasi kampanye agar massa calon bupati tersebut terlihat banyak saat melangsungkan kampanye akbar. Kata Kunci: Artis dangdut nasional, media kampanye, bupati dan wakil bupati.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Jun 2019 07:27
Last Modified: 12 Jun 2019 07:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13363

Actions (login required)

View Item View Item