PENGARUH PELAKSANAAN METODE PERMAINAN TERHADAP KESENANGAN BELAJAR MATEMATIKA MURID SDN 45 CARIGADING KECAMATAN AWANGPONE KABUPATEN BONE

JAYA, HAEDAR (2019) PENGARUH PELAKSANAAN METODE PERMAINAN TERHADAP KESENANGAN BELAJAR MATEMATIKA MURID SDN 45 CARIGADING KECAMATAN AWANGPONE KABUPATEN BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel Haedar Jaya.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) gambaran pelaksanaan metode permainan di SDN 45 Carigading Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. (ii) gambaran kesenangan belajar matematika murid di SDN 45 Carigading Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. (iii) Apakah pelaksanaan metode permainan berpengaruh terhadap kesenangan belajar matematika murid SDN 45 Carigading Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini yaitu pelaksanaan metode bermain dan kesenangan belajar siswa, populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SDN 45 Carigading Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelasV di SDN 45 Carigading Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan observasi. Dalam proses pengolahan data digunakan teknik analisis data deskriptif inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode permainan di SDN 45 Carigading Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone berjalan dengan baik. Kesenangan belajar siswa kelas V SD Negeri 45 Carigadi Kabupaten Bone pada kelompok eksperimen berkategori tinggi dan pada kelas kontrol berkategori rendah. Ada pengaruh penerapan metode bermain metode permainan dalam pembelajaran matematika terhadap Kesenangan belajar siswa kelas V SD Negeri 45 Carigadi Kabupaten Bone. Kata kunci: Metode Permainan, Kesenangan Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Jun 2019 06:44
Last Modified: 12 Jun 2019 06:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13361

Actions (login required)

View Item View Item