PENGARUH PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KERJASAMA TIM MURID SDN 21 PANYULA KECAMATAN TANETE RIATTANG TIMUR KABUPATEN BONE

HERYANTI, HERYANTI (2019) PENGARUH PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KERJASAMA TIM MURID SDN 21 PANYULA KECAMATAN TANETE RIATTANG TIMUR KABUPATEN BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL JURNAL.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui gambaran pelaksanaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) di SDN 21 Panyula Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone, (2) mengetahui gambaran kerjasama tim murid SDN 21 Panyula Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone, dan (3) mengetahui pengaruh pelaksanaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kerjasama tim murid SDN 21 Panyula Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan quasy-experimental design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pada penelitian ini terdapat dua variabel: Variabel bebas yaitu pelaksanaan model pembelajaran STAD, sedangkan variabel terikat yaitu kerjasama tim. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh murid SDN 21 Panyula Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone yang terdiri dari delapan rombel dengan jumlah siswa sebanyak 186 orang, Sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling yaitu kelas 5 berjumlah 40 siswa, di mana kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan dua jenis statistik yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial meliputi: Uji Normalitas Data, Uji Homogenitas Data dan Uji Hipotesis. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran murid di SDN 21 Panyula Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone, secara keseluruhan untuk tiga pertemuan keterlaksanaan pembelajaran Student Teans Achievement (STAD) berada pada kategori baik. Selanjutnya, kerjasama tim murid di SDN 21 Panyula Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone sebelum pelaksanaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berada dalam kategori sedang, baik pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Setelah diberikan perlakuan yaitu pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada kelas eksperimen dan pembelajaran langsung pada kelas kontrol, maka terjadi peningkatan kerjasama tim pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu pada kelompok kontrol berada pada kategori baik sedangkan pada kelas eksperimen dalam kategori sangat baik. Dan yang terakhir, terdapat pengaruh pelaksanaan pembelajaran Student Teams Achievement (STAD) terhadap kerjasama tim murid di SDN 21 Panyula Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Kata Kunci : Model pembelajaran STAD, kerjasama tim.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Jun 2019 06:37
Last Modified: 12 Jun 2019 06:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13358

Actions (login required)

View Item View Item