PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL MURID SDN 11 WATAMPONE KECAMATAN TANETE RIATTANG KABUPATEN BONE

Mutmainnah, Alfiah (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL MURID SDN 11 WATAMPONE KECAMATAN TANETE RIATTANG KABUPATEN BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL alfiah.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran mengenai penerapan model pembelajaran TAI, dan kemampuan interaksi sosial murid, serta pengaruh pelaksanaan pembelajaran TAI terhadap kemampuan interaksi sosial murid SDN 11 Watampone Kecamatan Tanete Riattang kabupaten Bone. Jenis penelitian Quasi experimental design dengan desain penelitian nonequivalent control group design yang bersifat kuantitatif. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran TAI dan variabel terikat kemampuan interaksi sosial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 11 Watampone yang 283 orang, sampel diambil dengan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling yang berjumlah 46 siswa. Data variabel diperoleh dengan teknik angket, lembar observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial murid terjadi peningkatan interaksi sosial pada kelas eksperimen dalam kategori sangat baik. penerapan model pembelajaran Team Assisted Individually (TAI) berpengaruh positif terhadap kemampuan interaksi sosial murid SDN 11 Watampone Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone Kata Kunci: Model pembelajaran, Team Assisted Individually (TAI), interaksi sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Jun 2019 23:36
Last Modified: 11 Jun 2019 23:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13349

Actions (login required)

View Item View Item