PENGARUH PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA SD NEGERI 41 MALLARI KECAMATAN AWANGPONE KABUPATEN BONE

YASTIN, DEWI (2019) PENGARUH PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA SD NEGERI 41 MALLARI KECAMATAN AWANGPONE KABUPATEN BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL DEWI YASTIN PASCA.pdf

Download (283kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1)Gambaran pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe time token di SDN 41 Mallari Kec. Awangpone Kab. Bone. (2) Gambaran kemampuan mengemukakan pendapat siswa di SDN 41 Mallari Kec. Awangpone Kab. Bone dan (3) untuk mengetahui bagaimana gambaran pelaksanaan model pembelajaran tipe time tokenterhadap kemampuan mengemukakan pendapat SDN 41 Mallari Kec. Awangpone Kab. Bone. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan Quasi Experimental Design dengan desaign Nonequivalent Control Group Design. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 106 siswa dengan sampel siswa berjumlah 15 orangyang di pilih menggunakan Purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data adalah melalui observasi dan angket. Data tersebut dianalisis dengan dua macam teknik analisis statistik, yaitu analisis deskriptif dan analisis infrensial dengan menggunakan program SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan metode pembelakaran time token terhadap kemampuan mengemukakan pendapatsiswa. Hasil data sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran time token menunjukkan adanya peningkatan rata-rata kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Kemampuan mengemukakan pendapat siswa sesudah pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan metode time token memiliki rata-rata kemampuan mengemukakan pendapat lebih tinggi dibandingkan sebelum pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan time token. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe time token memberi pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengemukakan pendapat siswa SDN 41 Mallari Kec. Awangpone Kab. Bone. Kata kunci: time token, kemampuan mengemukakan pendapat siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Jun 2019 23:26
Last Modified: 11 Jun 2019 23:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13347

Actions (login required)

View Item View Item