Deskripsi Berpikir Pseudo dalam Menyelesaikan Soal Permutasi dan Kombinasi Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa

Syarif, Rusdhiyanti and Tahmir, Suradi and Minggi, Ilham (2019) Deskripsi Berpikir Pseudo dalam Menyelesaikan Soal Permutasi dan Kombinasi Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan berpikir pseudo dalam menyelesaikan soal permutasi dan kombinasi pada siswa yang memiliki gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD).Instrumen yang digunakan adalah tes GEFT (Group Embedded Figure Test), Tes Pemecahan Masalah, dan wawancara.Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peserta didik dengan gaya kognitif Field Independent mengalami berpikir pseudo konseptual pada kondisi jawaban salah, dimana subjek mengalami asosiasi yang tidak terkontrol (spontanitas dalam memberikan jawaban, tetapi salah, salah satunya hanya karena menebak), hingga dilakukan refleksi jawaban melalui perbaikan pemahaman. Bentuk berpikir pseudo yang terjadi pada subjek FI, yakni mengalami pseudo konseptual pemahaman.(2) Peserta didik dengan gaya kognitif Field Dependent mengalami berpikir Pseudokonseptual benar dimana subjek tidak mampu mengutarakan alasan yang tepat sesuai dengan konsep yang digunakan dan mengalami berpikir pseudo konseptual salah dimana terjadi asosiasi yang tidak terkontrol (spontanitas dalam memberikan jawaban, tetapi salah, salah satunya hanya menebak) sehingga dilakukan refleksi jawaban melalui perbaikan pemahaman. . Kata kunci: berpikir Pseudo, gaya kognitif, field independent, field dependent, GEFT.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Jun 2019 02:37
Last Modified: 11 Jun 2019 02:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13344

Actions (login required)

View Item View Item