PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MAKASSAR

Thomas, Ade Veronika (2019) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel Skripsi_ADE VERONIKA THOMAS_ UNM.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap minar belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dasar kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Makassar. Populasi yaitu keseluruhan siswa kelas X Akuntansi, sementara sampelnya yaitu siswa kelas X Akuntansi 2 sebanyak 35 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan angket. Teknik analisis data yaitu analisis keabsahan data dan analisis statistik data dengan bantuan program SPSS 24.0 for windows. Hasil analisis regresi sederhana Y = 1,732 + 0,401X dimana konstanta dengan nilai 1,732 yang berarti bahwa jika keterampilan mengajar guru nilainya nol, maka minat belajar siswa nilainya sebesar 1,732 sedangkan koefisien regresi X sebesar 0,401 bernilai positif, yang berarti bahwa jika keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan 1 satuan, maka minat belajar siswa juga akan mengalami peningkatan sebesar 0,401. Dari hasil analisis product moment menunjukkan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,737 yang berada pada interval 0,6000,799 yang memiliki tingkat pengaruh kuat antara keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar siswa. Melalui uji-t pada kolom signifikan menunjukkan bahwa nilai probabilitas 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Kata kunci : Keterampilan Mengajar Guru, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 May 2019 23:18
Last Modified: 28 May 2019 23:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13314

Actions (login required)

View Item View Item