PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MAKASSAR

Pramesti, Citra Windhi (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel Skripsi_CITRA WINDHI PRAMESTI_UNM.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap keaktifan belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Makassar. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas X Akuntansi yang berjumlah 140 siswa, sementara sampelnya yaitu siswa kelas X Akuntansi 4 sebanyak 35 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan tektik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis keabsahan data dan analisis statistik data dengan bantuan program SPSS 21.0 for windows. Hasil analisis regresi sederhana Y= 1,515 + 1,141X dimana konstanta dengan nilai 1,151 yang berarti bahwa jika strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) nilainya nol, maka keaktifan belajar siswa tetap ada sebesar 1,151 sedangkan koefisien regresi X sebesar 1,141 bernilai positif, yang berarti bahwa strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) mengalami peningkatan 1 satuan, maka keaktifan belajar siswa juga akan mengalami peningkatan sebesar 1,141. Dari hasil analisis product moment menunjukkan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,868 yang memiliki tingkat pengaruh sangat kuat antara strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap keaktifan belajar siswa. Melalui uji-t pada kolom signifikan menunjukkan bahwa nilai probabilitas 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 May 2019 23:13
Last Modified: 28 May 2019 23:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13313

Actions (login required)

View Item View Item