EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPS KURIKULUM 2013 DI MTSN 1 MAKASSAR

NURHASANAH, NURHASANAH (2019) EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPS KURIKULUM 2013 DI MTSN 1 MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Nurhasanah (1464041012) Jurnal.pdf

Download (399kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui gambaran efektivitas implementasi pembelajaran IPS kurikulum 2013 di MTsN 1 Makassar (2) Mengetahui kendala-kendala guru dalam menerapkan pembelajaran IPS kurikulum 2013 di MTsN 1 Makassar dan (3) Mengetahui upaya mengatasi kendala-kendala guru IPS dalam pengimplementasian kurikulum 2013 di MTsN 1 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sedangkan sumber dan jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Adapun data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan guru IPS, Kepala Madrasah, dan siswa/i MTsN 1 Makassar. Sedangkan data sekunder diperoleh dari arsip dan dokumen yang diperoleh peneliti. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian analisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Gambaran efektivitas implementasi pembelajaran IPS kurikulum 2013 di MTsN 1 Makassar sudah terlaksana dengan cukup baik dilihat dari faktor pengelolaan kelas, pelaksanaan pembelajaran, peranan guru, dan hasil belajar siswa. (2) Kendala-kendala guru IPS dalam pengimplementasian kurikulum 2013 di MTsN 1 Makassar adalah masalah yang terkait dengan pengelolaan kelas yang agak padat dan kemampuan menghadapi karakteristik belajar siswa yang bervariasi, kendala lainnya karena keterbatasan sarana berupa media/alat bantu pengajaran di kelas. (3) Upaya Madrasah dalam pengimplementasian kurikulum 2013 di MTsN 1 Makassar dapat dilihat dari peran dan upaya kepala madrasah, upaya pengawas/supervisi, dan upaya dari guru IPS itu sendiri. Kata Kunci : Efektivitas, Implementasi, Kurikulum 2013, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 May 2019 05:04
Last Modified: 28 May 2019 05:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13302

Actions (login required)

View Item View Item