“Pengaruh Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Takkalalla Kabupaten Wajo”

Eva, Rosalia (2014) “Pengaruh Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Takkalalla Kabupaten Wajo”. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Eva Rosalia.docx

Download (13kB)

ABSTRAK Eva Rosalia. 2014. “Pengaruh Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Takkalalla Kabupaten Wajo” Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar, (dibimbing oleh Akmal Hamsa dan Mayong Maman). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keterampilan menulis puisi bebas siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Takkalalla tanpa menggunakan media gambar, (2) mendeskripsikan keterampilan menulis puisi siswa kelas SMP Negeri 1 Takkalalla dengan menggunakan media gambar, (3) membuktikan pengaruh secara signifikan penggunaan media gambar terhadap keterampilan menulis puisi bebas. Penelitian ini merupakan penelitian praeksperimen. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Takkalalla Kabupaten Wajo yang berjumlah 125 orang dan terbagi ke dalam 4 kelas. Dalam penelitian ini, ditetapkan sampel sebanyak 32 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII4. Data penelitian ini berupa data yang diperoleh dari hasil menulis puisi yang dibuat oleh siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis teks dari tes awal dan tes akhir. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis melalui beberapa tahap: (a) membuat daftar skor mentah, (b) membuat distribusi frekuensi dari skor mentah, (1) analisis statistik deskriptif, dan (2) analisis statistika inferensial yang diolah dengan bantuan komputer statistik product service solution (SPSS) versi 20 windows. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor kemampuan menulis puisi bebas siswa yang diajar sebelum menggunakan media gambar memeroleh skor terendah 35 dan skor tertinggi 73 dengan skor rata-rata yang diperoleh sebesar 53,876. sedangkan hasil skor kemampuan menulis puisi yang diperoleh setelah menggunakan media gambar memeroleh skor terendah 53 dan skor tertinggi 88 dengan skor rata-rata yang diperoleh sebesar 67,1875. Uji hipotesis melalui analisis statistic inferensial parametik jenis independent sample T test melalui bantuan program komputer SPSS versi 20 windows diperoleh nilai thitung > ttable atau ( 7,495 > 2,042 ) yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya, media gambar berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis puisi bebas siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Takkalalla Kabupaten Wajo.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:55
Last Modified: 25 Apr 2016 06:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/133

Actions (login required)

View Item View Item