PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDER 3D PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)

Akbar, Akbar (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDER 3D PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
4. Jurnal.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil pengembangan media pembelajaran blender 3D pada mata pelajaran instalasi motor listrik di SMK, (2) kelayakan media pembelajaran blender 3D pada mata pelajaran instalasi motor listrik di SMK (3) kepraktisan media pembelajaran blender 3D pada mata pelajaran instalasi motor listrik di SMK. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D (Four-D) yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan) dan (4) disseminate (penyebarluasan); subjek ujicoba penelitian ini dibedakan menjadi dua bagian. Yaitu bagian pertama subjek ujicoba desain produk atau uji ahli yang terdiri dari ahli media dan ahli materi. Sedangkan bagian kedua merupakan subjek ujicoba produk. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi, kemudian teknik analisis data dengan menggunakan instrumen penelitian untuk selanjutnya dianalisis data kevalidan, kelayakan dan kepraktisan media pembelajaran 3 dimensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil pengembangan media pembelajaran blender 3D mengacu pada model 4-D (Four-D). (2) kelayakan media pembelajaran blender 3D yang dikembangkan dinyatakan sangat layak sesuai analisis olah data yang diperoleh dari nilai rerata 4.4 untuk pengujian ahli media dan 3.9 untuk pengujian ahli materi, sehingga data tersebut berada dalam kategori sangat layak (3) kepraktisan media pembelajaran blender 3D dinyatakan sangat praktis berdasarkan olah data diperoleh nilai rata-rata 4.8 dan data tersebut termasuk dalam kategori sangat praktis. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Blender 3 Dimensi, Intalasi Motor Listrik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 May 2019 02:02
Last Modified: 27 May 2019 02:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13290

Actions (login required)

View Item View Item