PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 4 DI SMAN 12 MAKASSAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI

RISMAWATI, RISMAWATI (2019) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 4 DI SMAN 12 MAKASSAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (242kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI IPS 4 di SMAN 12 Makassar pada mata pelajaran akuntansi. Variabel dalam penelitian ini adalah Lingkungan Sekolah (X) dan Kesulitan Belajar (Y) yang diukur dengan skala liker. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMAN 12 Makassar yang berjumlah 144 siswa dan sampel pada penelitian ini adalah Siswa Kelas XI IPS 4 SMAN 12 Makassar yang berjumlah 35 Orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis keabsahan data dan analisis statistik data dengan menggunakan program SPSS 20.0 for windows. Berdasarkan koefisien korelasi nilai r = 0,458 yang berarti bahwa lingkungan sekolah mempunyai hubungan (korelasi) yang sedang dengan kesulitan belajar Siswa Kelas XI IPS 4 di SMAN 12 Makassar pada mata pelajaran Akuntansi. Sementara itu, Koefisien determinasi R Square () menunjukkan nilai sebesar 0,210 atau 21,0 % yang berarti kesulitan belajar Siswa Kelas XI IPS 4 di SMAN 12 Makassar pada mata pelajaran Akuntansi dipengaruhi oleh lingkungan sekolah sebesar 21,0 % dan sisanya 79,0 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel lingkungan sekolah memiliki nilai signifikansi 0,006 < 0,05 dan nilai t hitung 2,960 > t tabel sebesar 0,282 ini berarti lingkungan sekolah berpengaruh positif signifikan terhadap kesulitan belajar Siswa Kelas XI IPS 4 di SMAN 12 Makassar pada mata pelajaran Akuntansi. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima. Kata kunci: Lingkungan Sekolah, Kesulitan Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 May 2019 23:56
Last Modified: 22 May 2019 23:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13278

Actions (login required)

View Item View Item