PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN HURUF ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI IDHATA BANTAENG

SUMIATI, SUMIATI (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN HURUF ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI IDHATA BANTAENG. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL SUMIATI.pdf

Download (627kB) | Preview

Telah dilakukan penelitian dan pengembangan, yang bertujuan untuk 1) mengetahui gambaran analisis kebutuhan dalam pengembangan Pembelajaran Flash Card Berbasis Budaya Lokal untuk meningkatkan Kemampuan Pengenalan Huruf Anak Usia Dini, 2) menghasilkan model pembelajaran Pembelajaran Flash Card Berbasis Budaya Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Huruf Anak Usia Dini yang valid, 3) menghasilkan Pembelajaran Flash Card Berbasis Budaya Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Huruf Anak Usia Dini yang praktis dan efektif untuk anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan 10 orang anak di TK Negeri Idhata Bantaeng. Pengelolaan data dengan Observasi, Wawancara, kuesioner/ angket, dokumentasi dan instrument penilaian yang terdiri dari lembar validasi, dan angket respon guru. Data hasil penelitian pengembangan diuraikan menjadi 1) gambaran analisis kebutuhan yang dalam media pembelajaran flach card terlihat dari karakteristik anak dan studi literature yang didalamnya dilihat kondisi guru, keadaan anak, kondisi ruangan, fasilitas sekolah dan media pembelajaran masih dianggap perlu diberikan pembaharuan pembelajaran, 2) rancangan pengembangan media Pembelajaran Flash Card Berbasis Budaya Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Huruf Anak Usia Dini terdiri atas rancangan media permainan, rancangan perangkat pembelajaran, merancang format penilaian, dan buku panduan, (3) tingkat keefektifan pengembangan media Pembelajaran Flash Card Berbasis Budaya Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Huruf Anak Usia Dini menunjukkan kriteria keefektifan. Kata Kunci : Media flash card berbasis budaya lokal, Kemampuan Membaca.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 May 2019 00:11
Last Modified: 21 May 2019 00:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13269

Actions (login required)

View Item View Item