PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, MINAT BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA SE-KECAMATAN PONRANG KABUPATEN LUWU

IMRAN, IMRAN (2019) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, MINAT BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA SE-KECAMATAN PONRANG KABUPATEN LUWU. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL TESIS.pdf

Download (420kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, minat belajar, motivasi belajar, dan kemampuan berpikir divergen terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA se-Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto.Desain penelitian yang digunakan yaitu desain dengan menggunakan variable bebas dan tak bebas. Variabel penelitian yang menjadi fokus dalam penelitian ini yaitu kecerdasan emosional (X1), minat belajar (X2), motivasi belajar (X3), kemampuan berpikir divergen (X4) dan hasil belajar matematika matematika (Y).Populasi dalam penelitian ini sebanyak 490 siswa yang terdiri dari 14 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling dengan sampel 186 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket kecerdasan emosional, angket minat belajar, angket motivasi belajar, tes kemampuan berpikir divergen, dan nilai rapor matematika sebagai hasil belajar. Data yang diperoleh dari angket dan tes, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis regresi berganda (Multiple Liner Regression). Hasil penelitian diperoleh: 1) Persamaan regresi berganda Y=0,235X_1+0,258X_2+0,245X_3+0,126X_4-1,036,2)terdapat pengaruh secara bersama-sama (simultan) kecerdasan emosional, minat belajar, motivasi belajar, dan kemampuan berpikir divergen terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA se-Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu dengan kontribusi sebesar 46,6%, 3) terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA se-Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu dengan kontribusi sebesar 23,5%, 4) terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA se-Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu dengan kontribusi sebesar 25,8%, 5) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA se-Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu dengan kontribusi sebesar 24,5%, 6) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir divergen terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA se-Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu dengan kontribusi sebesar 12,6%. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Divergen, Hasil Belajar Matematika Siswa

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 May 2019 06:04
Last Modified: 17 May 2019 06:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13249

Actions (login required)

View Item View Item