ANALISIS PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA SMK NEGERI SE-KOTA MAKASSAR

Nurfaeda, Nurfaeda (2019) ANALISIS PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA SMK NEGERI SE-KOTA MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
2. JURNAL TESIS.pdf

Download (906kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (i) mendeskripsikan tingkat pemanfaatan TIK pada pembelajaran di SMK Negeri Se-Kota Makassar berdasarkan pendekatan CMM. (ii) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pemanfaatan TIK pada proses pembelajaran di SMK Negeri Se-Kota Makassar berdasarkan komponen RMAF. (iii) mendeskripsikan bagaimana kemampuan guru dan siswa dalam pemanfaatan TIK pada proses pembelajaran di SMK Negeri se-Kota Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian mixed method pendekatan srategi eksplanatoris sekuensial. Analisis tingkat pemanfaatan TIK menggunakan komponen Resiliency Maturity Assessment Framework (RMAF) dengan pendekatan skala Capability Maturity Model (CMM). Penelitian ini dilaksanakan pada 5 (lima) SMK Negeri di kota Makassar (SMKN 2, SMKN 3, SMKN 4, SMKN 5, dan SMKN 7 Makassar). Subjek penelitian terdiri dari 5 kepala sekolah, 5 ketua jurusan TIK, 25 guru dan 25 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (i) Tingkat pemanfaatan TIK dalam proses pembelajaran pada SMK Negeri se-Kota Makassar berada pada tingkat/level 4 Managed and Measurable yaitu 3.68 berdasarkan pendekatan CMM. (ii) Faktor-faktor yang mempengaruhi dengan baik dalam pemanfaatan TIK pada proses pembelajaran di SMK Negeri se-Kota Makassar berdasarkan komponen layer RMAF, antara lain: Faktor Fasilitas (layer-1), Faktor Jaringan Internet (layer-2), Faktor Personal (layer-4), dan Faktor Proses (layer-5). Kemudian faktor yang kurang baik dalam mempengaruhi pemanfaatan TIK pada proses pembelajaran di SMK Negeri se-Kota Makassar sesuai dengan komponen layer RMAF, yaitu: Faktor Aplikasi dan Data (layer-3). (iii) Kemampuan guru dalam pemanfaatan TIK pada proses pembelajaran di SMK Negeri se-Kota Makassar dalam kriteria yang sangat baik yaitu 4,61 dan tingkat persentasenya 92,85% sangat tinggi sedangkan kemampuan siswa dalam kriteria sangat baik yaitu 4,27 dan tingkat persentasinya 92,85% sangat tinggi berdasarkan rumus persentase penelitian. Kata kunci: Pemanfaatan TIK, RMAF, dan CMM

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 May 2019 02:05
Last Modified: 17 May 2019 02:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13246

Actions (login required)

View Item View Item