EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION ( TAI ) DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII-7 SMPN 1 MAKASSAR

Anggraeni, Andi Cici and Asdar, Asdar and Djam’an, Nurwati (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION ( TAI ) DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII-7 SMPN 1 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
1511440003_ANDI CICI ANGGRAENI.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar matematika pada aspek kognitif dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik dan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas VII (2) perbedaan hasil belajar matematika siswa pada aspek keterampilan dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik dan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas VII. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII pada semester ganjil 2018/2019 dan dipilih 2 kelas eksperimen secara random sebagai sampel penelitian. Hasil yang diperoleh dari analisis statistik inferensial adalah sebagai berikut: (1)tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa pada aspek kognitif dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik dan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas VII, (2) hasil belajar matematika siswa pada aspek keterampilan dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa pada aspek keterampilan dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas VII. Kata kunci : Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), Pendekatan Saintifik, Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Abstract. This research aimed to examine (1) the difference result of Mathematics learning outcomes on cognitive aspect in application of Problem Based Learning Model with Scientific and Realistic Mathematics Learning Approches in the Grade VII, (2) the difference result of Mathematics learning outcomes on skill aspect in application of Problem Based Learning Model with Scientific and Realistic Mathematics Learning Approches in the Grade VII. This research was quasi experiment involving two groups which given different treatments. The population of this research was the students on grade VII in the academic year of 2018/2019 and 2 experiment classes selected randomly as sample of the research. The result of statistics inferential analysis were: (1) there is no difference on Mathematics learning outcomes on cognitive aspect in application of Problem Based Learning Model with Scientific and Realistic Mathematics Learning Approach in the Grade VII, (2) the Mathematics learning outcomes on skill aspect in application of Problem Based Learning Model with Scientific approach was higher than the Mathematics learning outcomes on skill aspect in application of Problem Based Learning Model with Realistic Mathematics Learning Approach in the Grade VII. Keywords: Mathematics Learning Outcomes, Problem Based Model (PBM), Scientific Approach, Realistic Mathematics Learning Approach.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 May 2019 05:03
Last Modified: 13 May 2019 05:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13203

Actions (login required)

View Item View Item