SUGARI, ELLA (2019) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 BULUKUMBA. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
|
Text
JURNAL.pdf Download (252kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan kelas dan prestasil belajar serta pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Bulukumba.Maka dari itu, untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, angket,wawancara serta dokumentasi dengan jumlah populasi sebanyak 138 orang dan sampel sebanyak 69 orang. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan menggunakan persentase dan untuk teknik analisis statistik inferensial menggunakan uji normalitas data, analisis korelasi product moment, dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas tergolong dalam kategori sangat baik ditinjau dari indikator : 1) kehangatan dan keantusiasan, 2) tantangan, 3) bervariasi, 4) keluwesan, 5) penekanan pada hal-hal yang positif, 6) penanaman disiplin diri . Untuk prestasi belajar tergolong dalam kategori baik yang ditinjau dari nilai raport siswa. Dari hasil analisis dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Bulukumba. Hal ini dilihat dari hasil analisis data yang dilakukan, dengan r hitung adalah 0,238 dan r tabel adalah 0,233 pada taraf signifikan 5 persen yang berarti tingkat pengaruhnya tergolong dalam kategori sedang. Kata Kunci : Pengelolaan Kelas, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Divisions: | FAKULTAS ILMU SOSIAL |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 13 May 2019 02:20 |
Last Modified: | 13 May 2019 02:20 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13194 |
Actions (login required)
View Item |