ANALISIS KEPUASAN KERJA GURU DI SMKN I TANA TORAJA

KABANGA, YOHANA LEBAN (2019) ANALISIS KEPUASAN KERJA GURU DI SMKN I TANA TORAJA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL PENELITIAN.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepuasan kerja guru di SMK Negeri I Tana Toraja, dilihat dari tingkat kedisiplinan guru, moral kerja guru dan prestasi kerja guru serta mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja guru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja guru dilihat dari tingkat kedisiplinan, moral kerja guru serta prestasi kerja guru menunjukkan kepuasan kerja guru yang baik, hal ini dibuktikan oleh kedisiplinan guru dalam menaati peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah serta moral kerja guru dalam melaksanakan tugas yang dibuktikan oleh sikap dan perilaku guru dalam melaksanakan tugas serta ditunjukkan oleh tanggung jawab dan antusiasme guru serta minat dan kepedulian guru sebagai pendidik. Selanjutnya tingkat prestasi kerja yang baik ditunjukkan oleh adanya kemampuan guru mencapai kemajuan dalam melaksanakan tugasnya dari waktu kewaktu. Sedangkan faktor pendukung dalam penelitian ini adalah Tanggung jawab, Pekerjaan itu sendiri, Capaian, Pengakuan, Hubungan antar Pribadi, Kondisi Kerja. Faktor penghambat antara lain Administrasi dan kebijakan organisasi serta Kualitas supervisi. Berdasarkan temuan penelitian maka disarankan agar kepala sekolah tetap memperhatikan kepuasan kerja guru dengan meningkatkan pemberian reward kepada guru yang disiplin melalui pemberian reward dalam bentuk lain seperti; memprogramkan studi tour, mengusulkan guru yang disiplin ke Dinas Pendidikan untuk mendapatkan penghargaan dari pemerintah, atau memikirkan reward yang dapat menunjang peningkatan karir guru dan kiranya pemberian sanksi yang tegas bagi guru yang indisipliner tetap dilaksanakan. Selanjutnya agar kepala sekolah selalu memotivasi guru untuk tetap antusias dalam melaksanakan tanggung jawab yang dibebankan kepadanya, serta kiranya guru tetap diberi peluang untuk meningkatkan kinerjanya. Selain itu dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan yang berkelanjutan disarankan agar kepala sekolah memprogramkan dan melaksanakan supervisi akademik secara rutin dalam upaya serta memikirkan kebijakan yang tidak membebani guru dalam pelaksanaanya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 May 2019 05:54
Last Modified: 10 May 2019 05:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13191

Actions (login required)

View Item View Item