PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU SDN DI KECAMATAN CENRANA KABUPATEN MAROS PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU SDN DI KECAMATAN CENRANA KABUPATEN MAROS

ST, A. FITRIA (2019) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU SDN DI KECAMATAN CENRANA KABUPATEN MAROS PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU SDN DI KECAMATAN CENRANA KABUPATEN MAROS. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (438kB) | Preview

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui gambaran kompetesi pedagogik dan motivasi kerja terhadap kinerja guru (2) mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru (3) mengetahui pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru (4) mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SDN di Kecamatan Cenrana Kabupaten Maros. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kinerja guru dan variabel bebasnya adalah kompetensi pedagogik dan motivasi kerja. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh guru SDN di Kecamatan Cenrana Kabupaten Maros yang berjumlah 124 orang. Sampel penelitian berjumlah 63 orang yang tersebar di 9 sekolah di Kecamatan Cenrana. Tahapan pengambilan sampel yang digunakan dengan menggunakan teknik random sampling. Alasan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik ini adalah karena peneliti menganggap bahwa populasinya homogen. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen angket untuk mengukur tingkat kinerja guru dan tingkat motivasi kerja serta dokumentasi. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa; (1) kompetensi pedagogik dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru berada pada kategori sedang, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi kerja dan kinerja guru; dan (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SDN Se Kecamatan Cenrana Kabupaten Maros. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Motivasi Kerja Guru, Kinerja Guru.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 May 2019 05:36
Last Modified: 10 May 2019 05:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13189

Actions (login required)

View Item View Item