PEMALI DALAM MASYARAKAT MAMASA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP NILAI PENDIDIKAN KARAKTER (PENDEKATAN HERMENEUTIKA)

Toding, Iman (2019) PEMALI DALAM MASYARAKAT MAMASA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP NILAI PENDIDIKAN KARAKTER (PENDEKATAN HERMENEUTIKA). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL HASIL PENELITIAN.pdf

Download (809kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan 1) makna yang terkandung dalam pemali, 2) mendeskripsikan implikasi pemali terhadap nilai pendidikan karakter. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah hermeneutika Ricoeur dan Bultmann. Adapun implikasinya terhadap nilai pendidikan karakter, menggunakan teori Thomas Lickona, 2016. Sumber data diperoleh melalui pemangku adat yang disebut parengngek. Data penelitian ini adalah tuturan lisan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemali dalam masyarakat Mamasa yang sarat nilai pendidikan karakter. Makna dan nilai karakter yang ditemukan pada. penelitian ini, meliputi: religius, jujur, bertanggung jawab, bergaya hidup sehat, disiplin, kerja keras, percaya diri, berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, mandiri, sadar akan hak dan kewajiban orang lain, menghargai karya dan prestasi orang lain, santun, demokratis, peduli dan menghargai keberagaman. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa pemali dalam masyarakat Mamasa relevan dengan konteks kekinian. Hal ini terlihat melalui indikator-indikator yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari, baik hubungan dengan Tuhan, bagi diri sendiri, bagi sesama, bagi lingkungan, dan bagi bangsa dan Negara. Berdasarkan temuan yang telah diperoleh, disarankan agar pembaca dapat lebih arif dalam memahami makna yang terkandung di dalam pemali. Pemali bukan hanya mitos belaka melainkan di dalamnya tersirat nilai-nilai pendidikan. Implikasinya terhadap pendidikan, penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan karakter yang terintegrasi ke dalam pembelajaran. Kata Kunci : Pemali, Mamasa, Hermeneutika, Nilai Pendidikan Karakter

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN BAHASA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 May 2019 04:44
Last Modified: 07 May 2019 04:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13173

Actions (login required)

View Item View Item