ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN MODAL KERJA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA XIV UNIT PABRIK KELAPA SAWIT DI KABUPATEN LUWU

KESUMA P, NITAMI (2019) ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN MODAL KERJA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA XIV UNIT PABRIK KELAPA SAWIT DI KABUPATEN LUWU. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI NITAMI KESUMA P (1593141009).pdf

Download (702kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efisiensi Penggunaan Modal Kerja Dalam Upaya Meningkatkan Profitabilitas PT Perkebunan Nusantara XIV Unit Pabrik Kelapa Sawit di Kabupaten Luwu.Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan PT Perkebunan Nusantara XIV Unit PKS Luwu, sedangkan sampel penelitian ini adalah laporan PT Perkebunan Nusantara XIV Unit PKS Luwu periode 2013-2017.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah rasio keuangan, yaitu rasio likuiditas dengan menggunakan current ratio, rasio aktivitas dengan menggunakan perputaran modal kerja, dan rasio profitabilitas dengan menggunakan Return On Assets (ROA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa efisiensi penggunaan modal kerja tidak selalu dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan.Hasil analisis data dari penilaian masing-masing rasio dapat disimpulkan bahwa rasio likuiditas dengan menggunakan perhitungan current ratio perusahaan yaitu berfluktuaktif selama periode 2013-2017, dan secara rata-rata dikatakan kurang baik.Rasio aktivitas dengan menggunakan perhitungan perputaran modal kerja dikatakan sangat baik selama periode 2013-2017.Rasio profitabilitas dengan menggunakan ROA diperoleh hasil yang berfluktuatif selama periode 2013-2017, dan secara rata-rata dikatakan sangat baik namun cenderung menurun. Kata kunci : Efisiensi, Modal Kerja, Rasio Likuiditas, Rasio Aktivitas, Rasio Profitabilitas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 May 2019 06:36
Last Modified: 06 May 2019 06:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13172

Actions (login required)

View Item View Item