Substitusi Tepung Beras Dengan Tepung Jagung dan Singkong Pada Makanan Tradisional: Pembelajaran Bagi Masyarakat Suku Bugis Makassar

Bahri, Arsad and Nurhayati, Nurhayati and Hudiah, Andi and Saleh, Andi Rahmat (2016) Substitusi Tepung Beras Dengan Tepung Jagung dan Singkong Pada Makanan Tradisional: Pembelajaran Bagi Masyarakat Suku Bugis Makassar. In: Seminar dan Workshop Nasional Inovasi Pembelajaran Melalui Hypnoteaching, Hypnolearning, dan Hypnoleader, 19 November 2016, Makassar.

[img]
Preview
Text
Artikel subtitusi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hasil Peer Review Subtitusi tepung.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memodifikasi resep makanan tradisional suku Bugis-Makassar yang selama ini semua menggunakan tepung beras menjadi makanan tradisional non beras dengan mensubtitusi tepung bukan beras kedalam makanan. Tepung pengganti dalam modifikasi penelitian ini adalah tepung jagung dan tepung singkong. Luaran dari penelitian ini adalah resep baru yang dapat dijadikan modul dalam pembelajaran berwawasan kemasyarakatan dengan harapan masyarakat dapat mengganti kebiasaan dalam membuat makanan tradisional tanpa tepung beras. Kebiasaan masyarakat lokal ini dapat diubah melalui pembelajaran berwawasan kemasyarakatan. Respon panelis dalam penelitian ini menunuukkan bahwa makanan tradisional yang menggunakan substitusi tepung jagung dan tepung ubi kayu layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat lokal. Hal ini dibuktikan dari hasil uji organoleptic para panelis yang menyukai makanan yaitu citarasa, warna, aroma, dan bau. Selanjutnya diharapkan perbaikan terhadap resep yang telah diteliti dan selanjutnya diharapkan dapat bantuan dari berbagai pihak untuk melakukan kandungan gizi dari makanan tersebut sehingga dapat meningkatkan kualitas gizi dari masyarakat lokal dan sangat dibutuhkan bantuan dari semua pihak khusunya pemeritah agar pelestarian makanan lokal suku Bugis-Makassar tetap terjaga.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 04 May 2019 07:01
Last Modified: 18 Jul 2019 08:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13169

Actions (login required)

View Item View Item