TOTAMMAQ : KAJIAN KEARIFAN LOKAL BUDAYA MANDAR DI DESA PAMBUSUANG KECAMATAN BALANIPA

Iqbal, Iqbal (2019) TOTAMMAQ : KAJIAN KEARIFAN LOKAL BUDAYA MANDAR DI DESA PAMBUSUANG KECAMATAN BALANIPA. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL IQBAL.pdf

Download (326kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui asal mula tradisi totammaq dijadikan sebagai tradisi khatam Al-Qur’an. (2) Untuk mengetahui makna tradisi totammaq. (3) Untuk mengetahui mengapa perayaan tradisi totammaq dapat bertahan sampai saat ini. Jenis penelitian ini adalah kualitif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam dengan melibatkan 10 orang informan. Dalam penelitian ini pemilihan informan menggunakan purposive sampling sedangkan teknik pengabsahan data yang digunakan adalah member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada dasarnya terdapat tiga jenis cerita mengenai mengetahui asal mula tradisi totammaq dijadikan sebagai tradisi khatam Al Qur’an namun pada intinya ketiga cerita ini kurang lebih dapat memiliki alur penjelasan inti yang sama yakni tradisi totammaq awalnya menggunakan kuda yang sedang menari untuk menarik simpati masyarakat yang kemudian menjadikannya sebagai media untuk menyebarkan agama Islam. (2) Totammaq memiliki makna yaitu sebagai bentuk apresisasi orang tua, sebagai motivasi anak untuk lebih giat lagi dalam belajar mengaji, dan juga sebagai ajang silaturahmi antara masyarakat. (3) Totammaq saat ini masih dipertahankan karena masyarakat ingin menjaga tradisi leluhur mereka dan acara tradisi totammaq ini juga didukung penuh oleh pemerintah setempat dikarenakan saat berlansungnya acara ini banyak para wisatawan yang datang untuk melihat. Kata Kunci : Kearifan Lokal, Tradisi, Totammaq.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 May 2019 02:51
Last Modified: 03 May 2019 02:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13155

Actions (login required)

View Item View Item