PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BIOLOGI BERBASIS PROJECT-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP KARTIKA XX-3 MAKASSAR

Muliawan, Ahmad (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BIOLOGI BERBASIS PROJECT-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP KARTIKA XX-3 MAKASSAR. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
papper.pdf

Download (714kB)

Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk: (1) mengetahui proses pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Biologi berbasis Project-Based Learning (PjBL) (2) untuk menghasilkan LKPD Biologi berbasis PjBL yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan LKPD Biologi menggunakan model dari Thiagarajan (four-D) yang terdiri dari empat tahap yaitu: (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) Develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Ujicoba LKPD biologi berbasis PjBL dilaksanakan pada peserta didik kelas VII SMP Kartika XX-3 Makassar tahun pelajaran 2018/2019. Pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan , tes hasil belajar dan angket. Data dianalisis dengan teknik analisis deskripif. Pada tahap pengembangan draf I divalidasi oleh ahli. Hasil validasi ahli menunjukkan LKPD berbasis PjBL telah memenuhi kriteria kevalidan. Berdasarkan analisis pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, respon guru, dan peserta didik saat ujicoba diperoleh bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan. LKPD yang dikembangkan telah memenuhi syarat kriteria keefektifan yaitu: (1) hasil belajar peserta didik telah tuntas secara klasikal, (2) kreativitas peserta didik berada pada kategori meningkat. Penelitian menunjukkan bahwa (1) perangkat yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Biologi melalui proses pengembangan yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran, (2) setelah dilakukan validasi dan ujicoba, maka diperoleh LKPD yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Project-Based Learning (PjBL), Kreativitas, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 May 2019 02:42
Last Modified: 03 May 2019 02:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13154

Actions (login required)

View Item View Item