PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR

Amelia, Eka (2019) PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL EKA AMELIA.pdf

Download (46kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap kesulitan belajar siswa kelas X akuntansi pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah minat belajarsebagai variabel bebas dan kesulitan belajar sebagai variabel terikat. Populasinya seluruh siswa kelas Xakuntansi di SMK Negeri 1 Makassar yang terdiri dari 140 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknikproportionate random sampling dengan sampel sebanyak 58 siswa yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana,uji korelasi product moment, dan uji t dengan menggunakan SPSS 20 for windows. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan maka diperoleh model persamaan Y=96,813-0,617X artinya setiap penambahan satu satuan nilai minat belajar, maka akan menyebabkan nilai kesulitan belajar siswa mengalami penurunan 0,617 satuan. Hasil analisis korelasi product moment diperoleh nilai koefisien korelasi r=0,37 menunjukkan hubungan yang rendah antara minat belajarterhadap kesulitan belajar siswa. Hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikan 0,005<0,05, dengan demikian hipotesis dinyatakan diterima. Kata kunci : Minat Belajar, Kesulitan Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:33
Last Modified: 30 Apr 2019 01:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13143

Actions (login required)

View Item View Item