PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM SOCIAL TRUST FUND DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA ANGGOTA KELOMPOK BINAAN DOMPET DHUAFA DI KOTA MAKASSAR

Nurwana, Nurwana (2019) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM SOCIAL TRUST FUND DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA ANGGOTA KELOMPOK BINAAN DOMPET DHUAFA DI KOTA MAKASSAR. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL NURWANA.pdf

Download (239kB) | Preview

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui program Social Trust Fund dalam meningkatkan pendapatan usaha anggota kelompok binaan Dompet Dhuafa di Kota Makassar; (2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung pemberdayaan masyarakat melalui program Social Trust Fund dalam meningkatkan pendapatan anggota kelompok binaan Dompet Dhuafa di Kota Makassar; (3) Untuk mengetahui dampak pemberdayaan masyarakat melalui program Social Trust Fund dalam meningkatkan pendapatan usaha anggota kelompok 2 binaan Dompet Dhuafa di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan informan dilakukan dengan purposive sampling. Teknik penelitian yang dilakukan yaitu observasi, FGD (focus group discussion), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada tiga tahapan dalam pelaksanaan pemberdayaan yaitu (a) tahap perencanaan dengan langkah-langkah yaitu melakukan pengumpulan data sekunder, observasi, penetapan kelompok dan wilayah sasaran program (b) tahap pelaksanaan dengan langkah-langkah yaitu sosialisasi program, pembentukan kelompok, realisasi penyaluran dana program dan pelatihan (c) tahap monitoring dan evaluasi, dengan metode yang digunakan yaitu observasi dan wawancara langsung, kuesioner, FGD (focus group discussion) serta monitoring partisipatif dengan pendekatan PRA (partispatif rural appraisal); (2) Faktor penghambat pemberdayaan yaitu (a) adanya ketergantungan anggota kelompok terhadap bantuan langsung (b) kurangnya kesadaran anggota kelompok dalam pengembalian dana pinjaman (c) kurangnya pengetahuan anggota kelompok dalam pengelolaan keuangan (d) beragamnya karakter anggota kelompok. Faktor pendukung yaitu (a) tingginya antusiasme dan partisipasi anggota kelompok dalam pelaksanaan program pemberdayaan (b) support data miskin dari pemerintah setempat; (3) Dampak dari adanya pemberdayaan yang diberikan oleh Dompet Dhuafa yaitu anggota kelompok menjadi lebih mandiri, berkembang, terhindar dari transaksi riba, serta mampu meningkatkan pendapatan usahanya. Hal ini dapat dilihat dari persentase anggota kelompok yang mengalami peningkatan pendapatan usaha berkisar 72% atau 47 orang dari jumlah keseluruhan anggota kelompok sebanyak 65 orang. Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat; Social Trust Fund; Pinjaman Tanpa Bunga, Dompet Dhuafa.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2019 02:56
Last Modified: 26 Apr 2019 02:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13133

Actions (login required)

View Item View Item