ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPS SDN 4 NANGGALA KECAMATAN NANGGALA TORAJA UTARA

HENDRIK, HENDRIK (2019) ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPS SDN 4 NANGGALA KECAMATAN NANGGALA TORAJA UTARA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian terhadap implementasi pendekatan saintifik yang dilaksanakan di SDN 4 Nanggala Kabupaten Toraja Utara.Penelitian menggunakan Metode Kualitatif.Sedangkan untuk pengambilan data dilaksanakan di SDN 4 Nanggala.Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik Triangulasi.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi mancakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah sebagai berikut: 1) Implementasi pendekatan saintifik yang dilaksanakan di SDN 4 Nanggala sudah dapat terealisasi dengan baik, dari tiap tahapan 5M pada pendekatan saintifik, terbukti bahwa seluruh peserta didik dapat mengikuti proses pembelajaran dengan aktif yang dibuktikan dengan antusias para peserta didik ketika proses pembelajaran berlangsung terlebih pada saat diskusi mulai dari mengamati objek, kemudian bertanya, sampai kepada mereka berdiskusi untuk menemukan jawaban dari temuan dari pertanyaan yang ada dibuku dan dari teman kelompok lainnya. Dalam implementasi pendekatan pembelajaran integratif saintifik di SDN 4 Nanggala menggunakan pendekatan pembelajaran inquiry dan kooperatif serta ceramah (ekspositori) yang disampaikan secara terpadu oleh guru, 2) Hasil dari implementasi pembelajaran saintifik di SDN 4 Nanggala adalah siswa lebih aktif dari yang sebelumnya karena pada pendekatan saintifik, siswa dituntut untuk mencari atau menemukan sendiri hasil dari percobaan-percobaan yang mereka lakukan. Hal tersebut terlihat dari cara siswa yang antusias dalam melaksanakan tahap-tahap pembelajaran saintifik mulai dari mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan, 3) Evaluasi di SDN 4 Nanggala dilaksanakan secara terprogram lewat instrumen super visi pembelajaran dan evaluasi penilaian yang digunakan oleh guru menggunakan penilaian autentik. Beberapa teknik yang digunakan diantaranya tes tertulis, observasi, cek list, penilaian unjuk kerja. Kata kunci : Implementasi, Pendekatan Saintifik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2019 01:45
Last Modified: 26 Apr 2019 01:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13132

Actions (login required)

View Item View Item