Pengembangan Metode Permainan Gambar Pesan Berantai Pada Anak Usia Dini

RISMAWATI MS, RISMAWATI MS and Samad, Sulaiman and Rusmayadi, Rusmayadi (2019) Pengembangan Metode Permainan Gambar Pesan Berantai Pada Anak Usia Dini. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL TESIS.pdf

Download (313kB) | Preview

Pengembangan metode permainan gambar pesan berantai pada anak usia dini Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran kebutuhan metode permainan gambar pesan berantai pada anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah II Perumnas Makassar, (2) Untuk mengetahui proses pengembangan yang digunakan dalam metode permainan gambar pesan berantai pada anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah II Perumnas Makassar, (3) Untuk mengetahui hasil pengembangan metode permainan gambar pesan berantai pada anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah II Perumnas Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development dengan desain penelitian model ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan angket. Subjek penelitian sebanyak 20 orang anak didik yang berusia 5-6 tahun dan 1 orang guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat kebutuhan pengembangan metode permainan gambar pesan berantai pada anak usia dini khususnya di taman kanak-kanak kelompok B sangat dibutuhkan dalam untuk meningkatkan aspek sosial anak berupa kerjasama, antri menunggu giliran, mematuhi aturan bermain dan berkomunikasi dengan baik, (2) Desain pengembangan metode permainan gambar pesan berantai pada anak usia dini terdiri pengembangan metode bermain, format penilaian dan menghasilkan buku panduan yang memuat RPPM, RPPH, dan contoh media bermain.(3) Dari Pengembangan metode permainan gambar pesan berantai di taman kanak-kanak kelompok B maka darihasil analisis angket respon guru menunjukkan respon guru sangat positif dan hasil analisis penilaian perkembangan permainan gambar pesan berantai pada anak usia dini mencapai tingkat perkembangan dengankategori tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2019 01:39
Last Modified: 26 Apr 2019 01:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13130

Actions (login required)

View Item View Item