ANALISIS PERILAKU UNDERACHIEVER DAN IMPLIKASINYA TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING (STUDI KASUS PADA SISWA SMP NEGERI 8 DI MAKASSAR)

Syam, Muliyati (2019) ANALISIS PERILAKU UNDERACHIEVER DAN IMPLIKASINYA TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING (STUDI KASUS PADA SISWA SMP NEGERI 8 DI MAKASSAR). S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL muliyati syam.pdf

Download (221kB) | Preview

Penelitian ini mengkaji tentang analisis perilaku siswa underachiever dan implikasinya terhadap bimbingan dan konseling (studi kasus pada siswa SMP Negeri 8 di Makassar) Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui gambaran perilaku siswa underachiever di SMP Negeri 8 Makassar. (2) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prilaku siswa underachiever di SMP Negeri 8 Makassar, (3) Mengetahui layanan BK yang sesuai dengan permasalahan siswa underachiever di SMP Negeri 8 Makassar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari subjek uji ahli yaitu ahli bimbingan konseling, ahli praktisi di lapangan serta siswa kelas Akselerasi SMP Negeri 8 Makassar tahun ajaran 2014/2015. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perilaku siswa underachiever yang ditunjukkan pada kasus RLG, harga diri rendah, merasa tidak mampu melakukan harapan orang tua dan guru, memperlihatkan ketergantungan pada orang lain dalam mengerjakan tugas, kebiasaan belajar yang buruk, dan perhatian orangtua yang minim atas peningkatan perstasi RLG. Kasus RF, harga diri rendah, kebiasaan belajar yang buruk, tidak bisa mengatur waktu dengan baik, teman sebaya, lingkungan rumah yang tidak memadai dalam menunjang prestasi anak, perhatian orang tua tidak maksimal terhadap prestasi anak. dan Kasus NA, harga diri rendah, kurang percaya diri, tuntutan prestasi, pola belajar yang kurang dipahami oleh sekolah. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi siswa underachiever kurang mendapatkan perhatian, dukungan dan bantuan oleh pihak sekolah, sedangkan kasus dalam lingkungan keluarga RF dan NA mendapatkan perhatian sehingga menunjukkan perubahan walaupun belum maksimal, sedangkan perhatian pada keluarga RLG sangat kurang bahkan cenderung tidak peduli dengan peningkatan prestasi anak. (3) Adapun alternatif penanganan pada siswa underachiever dan berdasar pada assesmen kebutuhan RLG, RF dan NA, selain itu hasil diskusi dengan guru bimbingan, maka peneliti menarik kesimpulan bahwa salah satu upaya penanganan anak underachiever adalah Bimbingan konseling komprehensif. Fokus utama dalam bimbingan konseling komprehensif adalah teraktualisasinya potensi peserta didik dapat berkembang secara optimal. Kata kunci : Underachiever , Bimbingan Konseling Komprehensif

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2019 01:38
Last Modified: 26 Apr 2019 01:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13129

Actions (login required)

View Item View Item