Analisis Pelatihan Kewirausahaan dalam Meningkatkan Kemampuan Berwirausaha pada Kelompok Usaha Pemberdayaan Perempuan di Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa

azizah, Nurul and Syam, Agus and Rakib, Muhammad (2019) Analisis Pelatihan Kewirausahaan dalam Meningkatkan Kemampuan Berwirausaha pada Kelompok Usaha Pemberdayaan Perempuan di Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL Nurul azizah.pdf

Download (432kB) | Preview

Penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan pelatihan pada kelompok usaha pemberdayaan perempuan di Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa, bagaimana kegiatan berwirausaha kelompok pemberdayaan perempuan di Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa, dan faktor-faktor apa saja yang menghambat dan Mendukung dalam pelatihan kewirausahaan kelompok usaha pemberdayaan perempuan di Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelatihan yang diberikan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri dalam meningkatkan kemampuan berwirausaha sangatlah berpengaruh besar, kemudian kegiatan berwirausaha kelompok pemberdayaan perempuan di Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa terlaksana dengan baik, ketika telah diadakan pelatihan yang diberikan oleh Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri di Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa.Faktor yang menghambat dalam hal ini, yaitu masih kurangnya ilmu yang ibu-ibu kelompok usaha miliki dalam mengembangkan usaha, sedangkan faktor yang mendukung adalah semangat gotong royong ibu-ibu kewirausahaan yang mempunyai keinginan agar usaha di Kecamatan Pallangga dapat berkembang.Dapat disimpulkan bahwa pelatihan kewirausahaan yang diberikan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri kepada pemberdayaan perempuan di Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa sudah dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2019 05:56
Last Modified: 25 Apr 2019 05:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13127

Actions (login required)

View Item View Item