Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC ) Dalam Pengajaran Narrative Text Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Pada Siswa Kelas Sebelas MAN 2 Model Makasssar

Darmayanti, Darmayanti (2015) Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC ) Dalam Pengajaran Narrative Text Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Pada Siswa Kelas Sebelas MAN 2 Model Makasssar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Darmayanti.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Darmayanti, 2013. Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC ) Dalam Pengajaran Narrative Text Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Pada Siswa Kelas Sebelas MAN 2 Model Makasssar. (Di bimbing Oleh H. Muh. Asfah Rahman dan Kisman Salija). Penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman membaca pada siswa kelas sebelas MAN 2 Model Makassar dengan menggunakan metode CIRC. Metode CIRC dipilih untuk latihan komunikasi untuk mencapai sasaran bahasa. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1). Apakah dengan menggunakan metode CIRC dapat meningkatkan pemahaman membaca pada siswa kelas sebelas MAN 2 Model Makassar? (2). Apakah siswa tertarik pada pengajaran text naratif melalui metode CIRC pada siswa kelas sebelas MAN 2 Model Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui apakah penggunaan metode CIRC dapat meningkatkan pemahan membaca pada siswa kelas sebelas MAN 2 Model Makassar. (2). Untuk mengetahui ketertarikan siswa terhadap pengajaran text naratif melalui metode CIRC. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimental. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas sebelas MAN 2 Model Makassar tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini adalah siswa IPS 2 sebagai kelas eksperimen yang terdiri atas 33 siswa dan IPA 2 sebagai kelas control yang terdiri atas 37 siswa, dengan total sampel sebanyak 70 siswa. Penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling. Peneliti memilih dua kelas dari kelas sebelas MAN 2 Model Makassar, sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan metode CIRC sementara kelas control diajar dengan menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui tes bacaan yaitu Pre test dan Post test. Tes dilakukan dua kali pada kedua kelompok sebelum dan sesudah perlakuan atau treatment. Treatment dilakukan dan dilaksanakan selama delapan kali pertemuan untuk kedua kelompok kelas. Data dikumpulkan melalui tes bacaan yang kemudian dianalisa dan dikalkulasikan dengan menggunakan SPSS versi 20.0. Hasil data menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai siswa yang diajar dengan metode CIRC, yang dibuktikan dengan mean score dari kelas eksperimen yang lebih tinggi dari pada kelas kontrol pada tes post test. Selain itu hasil uji signifikan menunjukkan bahwa penggunaan metode CIRC dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa. Kemudian Angket dianalisa dengan menggunakan Likert Scale yang menunjukkan bahwa siswa tertarik dalam belajar bahasa inggris melalui metode CIRC. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi dari metode CIRC adalah meningkatnya pemahaman membaca siswa dan ketertarikan siswa terhadap metode tersebut. Itu dinyatakan dan ditampakkan melalui keaktifan partisipasi siswa dalam belajar, percaya diri, dan kemampuan mereka dalam berdiskusi, juga dibuktikan pada prestasi siswa dalam tes kedua yaitu post test dengan nilai mean 72.59 lebih baik dari nilai tes pertama yaitu pre test 52.39. dari Angket juga dibuktikan bahwa siswa tertarik dalam belajar bahasa inggris setelah dilakukan pengajaran melalui metode CIRC yang ditunjukkan dengan meningkatnya keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar. Dari hasil ini, disarankan kepada guru untuk menggunakan metode CIRC yang bukan hanya sebagai salah satu alternatif pengajaran reading comprehension tapi juga bagi siswa agar termotivasi dalam meningkatkan pemahaman membaca melalui metode CIRC. ABSTRACT Darmayanti, 2013. The Implementation of CIRC Method In Teaching Narrative Text To Improve Students’ Reading Comprehension At The Eleventh Grade Students Of MAN 2 Model Makassar (Supervised by H. Muh. Asfah Rahman, and Kisman Salija). This study is aimed to improve the reading comprehension of eleventh grade students at MAN 2 Model Makassar by using CIRC Method. CIRC Method is chosen to practice the communication in the target language. The research problems are: (1). Does the use of CIRC method improve reading comprehension of the eleventh grade students of MAN 2 Model Makassar? (2). Are the students interested in teaching Narrative text through CIRC method of the eleventh grade students of MAN 2 Model Makassar?. The objectives of the research were (1) to find out whether or not the use of CIRC method can improve reading comprehension of the eleventh grade students of MAN 2 Model Makassar. (2) to find out the students’ interest toward teaching Narrative text through CIRC method. The research applied Quasi-experimental Design. The population of the research was the Eleventh Grade students of MAN 2 Model Makassar in academic year 2013/2014. The sample was IPS 2 as Experimental Group consisting of 33 students and IPA 2 as Control Group consisting of 37 students, with the total sample 70 students. The researcher used Cluster Random Sampling, two classes of the eleventh grade of MAN 2 Model Makassar were took as the experimental class and the control class. The experimental class taught by using CIRC Method while the control class taught by conventional learning method. The data were collected through reading tests namely Pre test and Post test. The test was distributed twice for both group before and after the treatment. The treatment was conducted for eight meetings in experimental and control group. The data collected through reading tests were analyzed by using SPSS 20.0 version. The result of the data showed that there was significant difference between the students’ score who were taught CIRC method and non CIRC method. It was proven by the mean score of the experimental group that was higher than control group in the post test. The result of the test indicated that using CIRC method significantly improved the students’ reading comprehension. Then, the questionnaires were analyzed by using Likert Scale that showed the students were interested in learning English through CIRC Method. The findings of this study indicated that the implementation of CIRC Method has improved the students’ reading comprehension. It is revealed through the students active participation, the increasing self-confidence and their ability to practice the discussion in the classroom. It is also revealed that the students’ achievement of the post test with mean score 72.59 is better than the mean score of the pre test 52.39. The questionnaire also proves that the students are interested in learning English after the implementation of the CIRC Method. The students’ active involvement has also improved. Due to these results, is suggested to the teachers to use the CIRC Method not only as an alternative for teaching reading comprehension, but also for students to be more motivated in increasing their reading comprehension by discussing in CIRC Method.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Nov 2016 05:10
Last Modified: 30 Nov 2016 05:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1312

Actions (login required)

View Item View Item