Minat dan Prestasi Belajar Studi Anak Wajib Belajar Tingkat SD di Pemukiman Rehabilitasi Penyakit Kusta Jl. Dangko Kecamatan Tamalate Kota Makassar

Paramita H, Wati and Falihin, Dalilul and Ibrahim, Ibrahim (2019) Minat dan Prestasi Belajar Studi Anak Wajib Belajar Tingkat SD di Pemukiman Rehabilitasi Penyakit Kusta Jl. Dangko Kecamatan Tamalate Kota Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL WATI PARAMITA.pdf

Download (343kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan mendeskripsika 1.Gambaran minat dan prestasi belajar dari anak-anak usia wajib belajar tingkat SD di pemukiman Rehabilitasi penyakit kusta Jl. Dangko Kecamatan Tamalate Kota Makassar dan 2.Upaya minat dan prestasi belajar anak-anak usia wajib belajar anak-anak usia wajib belajar tingkat SD di pemukiman Rehabilitasi penyakit kusta Jl. Dangko Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Minat dan Prestasi belajar anak usia wajib belajar tingkat sekolah dasar terkait dengan penyakit kusta dalam kajian sosial kemasyarakatannya, dimana stigma yang berkembang di dalam masyarakat mengenai penyakit kusta menimbulkan beberapa masalah bagi penderita, seperti dikucilkan oleh masyarakat, dan diabaikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi dan studi kepustakaan. Tekni analisis data yang digunakan adalah tekni analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Tekni pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi, ketekunan dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Berdasarkan hasil penelitian di pemukiman rehabilitasi penyakit kusta Kecamatan Tamalate Kota Makassar yaitu minat belajar dilihat dari perasaan senang seseorang dalam mengikuti pelajaran, anak di pemukiman rehabilitasi penyakit kusta hanya sekedar senang ke sekolah tetapi minat belajar mereka kurang, tidak peduli dengan tugas dan malas belajar di rumah, dan orang tua anak tidak peduli dengan kerajinan anak ke sekolah, keaktifan anak di dalam kelasa dalam proses belajar di kelas yaitu tidak terlibat aktif di dalam kelas, perhatian anak di pemukiman rehabilitasi penyakit kusta lebih kepada suka mendengarkan penjelasan guru menjelaskan, dilihat dari proses belajar anak, tetapi jika guru menjelaskan terlihat nampak wajah-wajah anak yang mengerti, ngantuk dan sebagainya. bahkan sebagian intonasi suara anak pada saat gurunya menjelaskan terkadang mengganggu konsentrasi gurunya tersebut. prestasi belajar anak di pemukiman rehabilitasi penyakit kusta dilihat dari nilai tugas dan nilai rapor hasil belajar, observasi pengamatan, ingatan, pemahaman, penerapan, analisa dan sintesis, anak di pemukiman rehabilitasi penyakit kusta jalan Dangko kota Makassar Prestasi dalam bidang akademiknya kurang, Dalam ranah efektif untuk mengukur hasil belajar anak, sikap anak, pengalaman dan penghayatan anak dalam proses belajar kurang, Prestasi belajar anak dilihat dari keterampilan anak dalam bergerak aktif, Adapun stigma penyakit kusta yang selama ini menjadi perhatian besar peneliti, ternyata tidak terlalu memberikan pengaruh yang besar kepada minat dan prestasi belajar anak melainkan kodisi sosial dan sikap mereka. Untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar anak di pemukiman tersebut dibutuhkan upaya khusus dalam hal sarana pembelajaran di lingkungan pemukiman rehabilitasi dan pendekatan kepada keluarga mengenai pentingnya pendidikan untuk anak-anak mereka.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2019 09:30
Last Modified: 24 Apr 2019 09:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13119

Actions (login required)

View Item View Item