Pengembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Penguatan Dan Penunjang Metode Pembelajaran Di SMK Untuk Implementasi Kurikulum 2013

Mantasia, Mantasia and Jaya, Hendra Pengembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Penguatan Dan Penunjang Metode Pembelajaran Di SMK Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6 (3). pp. 281-291. ISSN 2476-9401

[img]
Preview
Text (Artikel Jurnal Nasional Terakreditasi)
Artikel Jurnal Nasional Terakreditasi - Pengembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Penguatan dn Penunjang Metode Pembelajaran.pdf - Published Version

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Artikel Jurnal Nasional Terakreditasi)
Peer Review - Artikel Jurnal Nasional Terakreditasi - Pengembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Penguatan dn Penunjang Metode Pembelajaran.pdf - Published Version

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Turnitin Artikel Jurnal Nasional Terakreditasi)
Turnitin - Artikel Jurnal Nasional Terakreditasi - Pengembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Penguatan dn Penunjang Metode Pembelajaran.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
Official URL: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/vi...

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) proses pengembangan Augmented Reality (AR); (2) desain model AR; (3) penerapan teknologi AR; dan (4) hasil pengembangan AR yang dapat dijadikan sebagai penunjang metode pembelajaran di SMK untuk implementasi kurikulum 2013 dapat memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Pengembangan perangkat lunak yang berupa aplikasi AR ini dilaksanakan dengan pendekatan engineering yang tahapannya adalah: analisis, desain, implementasi, dan evaluasi. AR diintegrasikan dengan Kurikulum 2013 menggunakan modul yang berkaitan dengan kaidah-kaidah yang ada dalam pembelajaran saintifik. Penilaian AR melibatkan ahli media dalam proses aplikasi dan penerapannya pada mata pelajaran elektronika Dasar. Penilaian terhadap media terdiri atas aspek: (1) tampilan augmented reality (audio visual) dikategorikan sangat baik; (2) aspek AR dikategorikan sangat baik; dan (3) aspek pemrograman dikategorikan sangat baik; (3) penilaian ahli materi terhadap aspek isi dikategorikan baik; (4) aspek desain pembelajaran dikategorikan sangat baik. Pengembangan teknologi AR untuk mata pelajaran produktif di SMK khususnya dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan metode scientific approach dapat memenuhi kebutuhan peningkatan keterampilan siswa, kognitif, dan afektif siswa serta menjauhkan siswa dalam memahami suatu hal yang abstrak dan kompleks.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Teknologi Augmented Reality, Pembelajaran, Kurikulum 2013.
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 24 Apr 2019 08:13
Last Modified: 09 Jul 2019 01:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13114

Actions (login required)

View Item View Item