PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMA NEGERI 2 GOWA TAHUN AJARAN 2017/2018 (STUDI MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA)

Ahmad, Laylah Fiamanillah and Danial, Muhammad and Gani, Tabrani (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMA NEGERI 2 GOWA TAHUN AJARAN 2017/2018 (STUDI MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA). S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (346kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap kemandirian belajar peserta didik dan mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas XI MIA di SMA Negeri 2 Gowa pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian adalah nonequivalent control group. Terdapat dua variable yaitu, variabel bebas adalah model pembelajaran yang terdapat dua varians yaitu kelas eksperimen dengan model discovery learning dan kelas eksperimen dengan model pembelajaran langsung. Variabel terikat adalah kemandirian belajar dan pemahaman konsep. Metode pengumpulan data melalui pengambilan data dengan cara data tes hasil belajar dan pemberian angket emandirian belajar dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukan nilai thitung pada uji hipotesis pengaruh model pembelajaran dengan kemandirian belajar sebesar 0,572 dengan pvalue > 0,05 yaitu 0,570. Pada uji hipotesis pengaruh model pembelajaran dengan pemahaman konsep menunjukkan nilai thitung sebesar 3,275 dengan pvalue < 0,05 yaitu 0,002. Kata kunci: model pembelajaran, kemandirian belajar, pemahaman konsep, larutan penyangga

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2019 03:20
Last Modified: 23 Apr 2019 03:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13107

Actions (login required)

View Item View Item