Deskripsi Pemahaman Konsep Limit Fungsi Pada Mahasiswa Jurusan Matematika

Ramadana, Yusuf (2019) Deskripsi Pemahaman Konsep Limit Fungsi Pada Mahasiswa Jurusan Matematika. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (789kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep limit fungsi pada mahasiswa Jurusan Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek sebanyak 8 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep dan pedoman wawancara. Dari hasil penelitian diperoleh beberapa kategori-kategori pemahaman: (1) pemahaman faktual,, mendeskripsikan makna ε dan δ dengan cenderung mengaitkan pada kalimat berkuantor pada definisi limit fungsi serta mengaitkannya dengan makna intuitif limit fungsi, sebagai jarak pada masing-masing sumbu koordinat; mendeskripsikan makna nilai mutlak 0<|x-c|<δ dan |f(x)-L|<ε dengan cenderung mengaitkannya dengan jarak, selisih serta mengaitkannya dengan makna intuitif limit fungsi; mendeskripsikan pernyataan 0<|x-c|<δ→|f(x)-L|<ε dengan menekankan pada titik yang berada di sekitar titik yang dituju pada definisi limit fungsi dengan syarat-syarat tertentu yang berakibat nilai fungsinya juga memiliki syarat-syarat tertentu pula, serta ada pula subjek yang mengaitkannya dengan hubungan ε dan δ. (2) Pemahaman interpretasi, pada dasarnya diperoleh dua kategori, yaitu dapat mengiterpretasi definisi limit fungsi dengan tepat, serta mengiterpretasi definisi limit fungsi dengan memaknai pernyataan implikasi di dalamnya secara terbalik. (3) Pemahaman sintaktik, pemahaman subjek pada negasi dari pernyataan implikasi dan kemampuan mengimplentasikan pemahamannya untuk menentukan negasi dari definisi limit fungsi masih kurang. (4) Pemahaman pembuktian, pemahaman yang kurang tentang logika matematika (pernyataan implikasi dan kalimat berkuantor), kemampuan yang kurang manipulasi aljabar dan kurangnya pemahaman tentang bukti matematis. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Limit Fungsi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep limit fungsi pada mahasiswa Jurusan Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek sebanyak 8 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep dan pedoman wawancara. Dari hasil penelitian diperoleh beberapa kategori-kategori pemahaman: (1) pemahaman faktual,, mendeskripsikan makna ε dan δ dengan cenderung mengaitkan pada kalimat berkuantor pada definisi limit fungsi serta mengaitkannya dengan makna intuitif limit fungsi, sebagai jarak pada masing-masing sumbu koordinat; mendeskripsikan makna nilai mutlak 0<|x-c|<δ dan |f(x)-L|<ε dengan cenderung mengaitkannya dengan jarak, selisih serta mengaitkannya dengan makna intuitif limit fungsi; mendeskripsikan pernyataan 0<|x-c|<δ→|f(x)-L|<ε dengan menekankan pada titik yang berada di sekitar titik yang dituju pada definisi limit fungsi dengan syarat-syarat tertentu yang berakibat nilai fungsinya juga memiliki syarat-syarat tertentu pula, serta ada pula subjek yang mengaitkannya dengan hubungan ε dan δ. (2) Pemahaman interpretasi, pada dasarnya diperoleh dua kategori, yaitu dapat mengiterpretasi definisi limit fungsi dengan tepat, serta mengiterpretasi definisi limit fungsi dengan memaknai pernyataan implikasi di dalamnya secara terbalik. (3) Pemahaman sintaktik, pemahaman subjek pada negasi dari pernyataan implikasi dan kemampuan mengimplentasikan pemahamannya untuk menentukan negasi dari definisi limit fungsi masih kurang. (4) Pemahaman pembuktian, pemahaman yang kurang tentang logika matematika (pernyataan implikasi dan kalimat berkuantor), kemampuan yang kurang manipulasi aljabar dan kurangnya pemahaman tentang bukti matematis. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Limit Fungsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2019 01:44
Last Modified: 23 Apr 2019 01:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13103

Actions (login required)

View Item View Item