ANALISIS DAYA LEDAK TUNGKAI KECEPATAN REAKSI KAKI DAN KESEIMBANGAN DALAM TENDANGAN LURUS ATLET BKMF PENCAK SILAT FIK UNM

Sari, Indah Lipur (2019) ANALISIS DAYA LEDAK TUNGKAI KECEPATAN REAKSI KAKI DAN KESEIMBANGAN DALAM TENDANGAN LURUS ATLET BKMF PENCAK SILAT FIK UNM. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (525kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis daya ledak tungkai, kecepatan reaksi kaki dan keseimbangan dalam tendangan lurus olahraga pencak silat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa BKMF Pencak Silat FIK UNM dengan jumlah sampel penelitian 30 mahasiswa dengan metode sampling sistematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan sistem SPSS Versi 21.00 pada taraf normal 0,05.Bertolak dari hasil analisis data, maka penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Daya ledak tungkai memiliki pengaruh yang linear terhadap keseimbangan dengan nilai P sebesar 0,135; (2) Kecepatan reaksi kaki memiliki pengaruh yang linear terhadap keseimbangan dengan nilai P sebesar 0,984; (3) Daya Ledak Tungkai memiliki pengaruh yang linear terhadap tendangan lurus pada cabang olahraga pencak silat BKMF Pencak Silat FIK UNM dengan nilai P sebesar 0,561; (4) Kecepatan Reaksi Kaki terhadap tendangan lurus memiliki pengaruh yang signifikan pada cabang olahraga pencak silat BKMF Pencak silat FIK UNM dengan nilai P sebesar 0,064; (5) Kecepatan reaksi kaki dan kelentukan togok memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan tendangan lurus dalam BKMF Pencak Silat FIK UNM dengan nilai P sebesar 0,269.Berdasarkan pengujian hipotesis (6) Daya Ledak Tungkai terhadap tendangan lurus melalui keseimbangan memiliki pengaruh yang signifikan dengan nilai analisis multivariate sebesar 0,103; (7) Kecepatan Reaksi Kaki terhadap tendangan lurus melalui keseimbangan memiliki pengaruh yang signifikan dengan nilai analisis multivariate sebesar 0,229. Kata Kunci : Daya Ledak Tungkai, Kecepatan Reaksi Kaki, Keseimbangan dan Tendangan Lurus Kedepan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Apr 2019 06:05
Last Modified: 18 Apr 2019 06:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13085

Actions (login required)

View Item View Item