REPRESENTASI IDEOLOGI MELALUI PIRANTI LINGUISTIK DALAM WACANA BERITA ELIT POLITIK DI KOMPAS.COM (KAJIAN ANALISIS WACANA KRITIS FAIRCLOUGH)

BACHTIAR, AKBAR (2019) REPRESENTASI IDEOLOGI MELALUI PIRANTI LINGUISTIK DALAM WACANA BERITA ELIT POLITIK DI KOMPAS.COM (KAJIAN ANALISIS WACANA KRITIS FAIRCLOUGH). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Jurnal Tesis Akbar.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan epresentasi ideologi melalui pirantilinguistik dalam wacana berita elit politik di Kompas.com berdasarkan fitur kosakata; (2)mendeskripsikan representasi ideologi melalui piranti linguistik dalam wacana berita elitpolitik di Kompas.com berdasarkan fitur gramatika; dan (3) mendeskripsikan representasiideologi melalui piranti linguistik dalam wacana berita elit politik di Kompas.comberdasarkan fitur struktur teks. Jenis penelitian ini tergolong sebagai penelitian kualitatif.Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik dokumentasi, teknik baca, dan teknik catat. Data dalam penelitian ini adalah berita politik. Sumber data dalam penelitian ini adalah berita politik edisi Maret dan Mei. Teori yang digunakan sebagai acuan untuk menganalisis representasi linguistik adalah teori analisis wacana Kritis Fairclough. Hasil penelitian ini adalah (1) representasi ideologi melalui piranti linguistik dalam wacana berita elit politik diKompas.com berdasarkan fitur kosakata ditemukan pada penggunaan nilai eksperensial, nilairelasional, dan nilai ekspresif; (2) representasi ideologi melalui piranti linguistik dalamwacana berita elit politik di Kompas.com berdasarkan fitur gramatika ditemukan padapenggunaan nilai eksperensial, nilai relasional, dan nilai ekspresif; dan (3) representasi ideologi melalui piranti linguistik dalam wacana berita elit politik di Kompas.com berdasarkan fitur struktur teks ditemukan pada penggunaan kaidah interaksional. Kata kunci: representasi, analisis wacana kritis, wacana politik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN BAHASA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Apr 2019 03:40
Last Modified: 18 Apr 2019 03:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13083

Actions (login required)

View Item View Item