EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PRAKTIK UNTUK MATA PELAJARAN PRODUKTIF JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NASIONAL MAKASSAR

Wahyuni, Nur (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PRAKTIK UNTUK MATA PELAJARAN PRODUKTIF JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NASIONAL MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL WAHYUNI.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menggunakan metode praktik untuk mata pelajaran produktif jurusan administrasi perkantoran di SMK Nasional Makassar. Maka dari itu, untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, wawancara serta dokumentasi dengan jumlah populasi 165 orang dan sampel sebanyak 49 orang. Serta data diolah menggunakan analisis kuantitatif untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pembelajaran menggunakan metode praktik tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran dengan menggunakan metode praktik untuk mata pelajaran produktif jurusan administrasi perkantoran di SMK Nasional Makassar dengan indikator yaitu : Efektivitas Interaksi dengan persentase mencapai 81.15 persen, Efektivitas Pemahaman dengan persentase mencapai 79.59 persen, dan Efektivitas Penyerapan dengan persentase mencapai 83.16 persen. Berdasarkan hasil analisis data secara keseluruhan, hasil persentase menunjukkan 80.69 persen dengan kategori Sangat Efektif, dan hasil tersebut sejalan dengan pengamatan terkait yang dilakukan oleh peneliti di lapangan. Keywords: Metode Pembelajaran Prakti

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Apr 2019 01:03
Last Modified: 16 Apr 2019 01:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13066

Actions (login required)

View Item View Item