EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 4 BANTAENG

Angreny, Kiky (2019) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 4 BANTAENG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL S2 LENGKAP.pdf

Download (390kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui efektifitas belajar siswa model inquiry pada prestasi belajar siswa SMA Negeri 4 Bantaeng. Jenis penelitian yaitu jenis penelitian eksperimen, Variabel penelitian terdiri atas Variabel bebas, yaitu model inquiry ( x ) dan Variabel Terikat, yaitu pestasi belajar (y). Poulasi dalam penelitin ini adalah seluruh siswa/i XI IPS SMA Negeri 4 Bantaeng pada tahun pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini terdiri dari 4( empat) kelas . Jadi jumlah populasi keseluruhan yaitu 120 siswa. Sampel yang di ambil adalah yang homogn berdasarkan hasil tes pendahuluan untuk penyaringan sampel penelitian. Jadi keampuan siswa yang homogeny adalah siswa kelas XI IIS 1 dengan jumlah 26 orang dan kelas XI Bahasa dengan jumlah siswa 26 orang. Jadi sampel penelitian ini yaitu 52 siswa. Kelompok kelas siswa pertama di jadikan kelompok eksperimen dan kelompok kelas siswa di jadikan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Diterapkan model inquiry pada proses pembelajaran, prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Dapat dibuktikan dari tabel di mana rata-rata hasil belajar siswa dari 50.10 menjadi 80 sedangkan nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 85, dan KKM( Kriteria ketuntasan minimal) adalah 75. penerapan model inquiry tergolong memberikan konstribusi yang baik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa .Tes untuk mengetahui nilai hasil belajar siswa pada pretest menggunakan multiplechoice sebanyak 20 nomor yang diikuti oleh semua semua siswa kelas XI IPS 4 sebanyak 26 orang dan kelas Bahasa sedangkan soal yang di gunakan pada posttest untuk mengetahui hasil belajar setelah pembelajaran inquiry menggunakan soal essay sebanyak 5 nomor. Kata kunci: model inquiry, prestasi belajar, hasil belajar,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN GEOGRAFI (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Apr 2019 00:38
Last Modified: 16 Apr 2019 00:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13059

Actions (login required)

View Item View Item