ANALISIS CIRI KEILMIAHAN TESIS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA PPs, UNM 2015 (PENDEKATAN LINGUISTIK SISTEMIK FUNGSIONAL)

sohora, sohora (2019) ANALISIS CIRI KEILMIAHAN TESIS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA PPs, UNM 2015 (PENDEKATAN LINGUISTIK SISTEMIK FUNGSIONAL). S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (170kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ciri keilmiahan pembahasan pada tesis yang ditulis oleh mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Makassar alumni 2015. Ciri keilmiahan dilihat dari kesederhanaan struktur kalimat, kepadatan informasi, keobjektifan, dan kelogisan pada tesis tersebut berdasarkan pendekatan linguistik sistemik fungsional yang dikembangkan oleh Halliday. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Adapun sumber data diperoleh dari tesis mahasiswa yang ditulis oleh Hatija dan diterbitkan oleh kampus Universitas Negeri Makassar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tesis pada bagian pembahasan yang ditulis oleh mahasiswa Pascasarjana UNM 2015 tersebut dilihat dari penggunaan kalimat sederhana, padat informasi, objektif dan logis dikategorikan ilmiah. Ini dibuktikan dengan jumlah kalimat yang banyak mencerminkan keserhanaan struktur kalimatnya, kepadatan informasinya, keobjektifan, dan kelogisannya. Kata Kunci: Ciri keilmiahan, sederhana, padat informasi, objektif, logis, Linguistik Sistemik Fungsional

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Apr 2019 07:01
Last Modified: 15 Apr 2019 07:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13053

Actions (login required)

View Item View Item