PENGEMBANGAN MEDIA GRAFIS DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR INPRES UNGGULAN BTN PEMDA KOTA MAKASSAR

Suwadi, Susilawati (2019) PENGEMBANGAN MEDIA GRAFIS DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR INPRES UNGGULAN BTN PEMDA KOTA MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL_Susilawati Suwadi.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh (1) Gambaran kebutuhan produk media grafis dalam pembelajaran IPS, (2) Desain produk media grafis dalam pembelajaran IPS, (3) Gambaran kevalidan dan keefektifan produk media grafis dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk keperluan pembelajaran. Prosedur pengembangan mengacu pada tahapan pengembangan dilakukan dengan tahapan Analisis (Analyzis), tahapan Rancangan (Design), tahapan pengembangan (Development), tahapan Implementasi (Implementation), dan tahapan Evaluasi (Evaluation).Teknik pengumpulan data digunakan studi pustaka, lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan analisis deskriptif kualitatif, analisis data validitas media pembelajaran dan analisis data kepraktisan media pembelajaran. Berdasarkan pengamatan yang dimulai dari proses validasi oleh 2 orang pakar media pembelajaran yang telah dikembangkan sehingga diperoleh hasil sangat valid dan praktis yang akhirnya dapat digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat menumbuhkan minat belajar yang mengakomodasikan keterlibatan peserta didik secara aktif dan menemukan konsepnya sendiri. Dengan demikian keefektifan produk media grafis dalam pembelajaran IPS memberikan dampak positif terhadap minat belajar peserta didik. Hasil uji coba lapangan berada pada kategori praktis. Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Media Grafis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Apr 2019 06:34
Last Modified: 15 Apr 2019 06:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13050

Actions (login required)

View Item View Item