Pembelajaran Menelaah Struktur Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2Salomekko Kabupaten Bone

Wahyu, Haerul Min and Azis, Azis and Idawati, Idawati (2019) Pembelajaran Menelaah Struktur Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2Salomekko Kabupaten Bone. Diploma thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menelaah struktur teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Salomekko Kabupaten Bone.Penelitian ini mendeskripsikan pembelajaran menelaah struktur teks eksplanasi yang meliputi materi, media, metode, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 2 Salomekko Kabupaten Bone.Objek penelitian difokuskan pada pelaksanaan pembelajaran menelaah struktur teks eksplanasi.Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif berupa uraian pengamatan.Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis data model interaktif. Analisis data model interaktif dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verivikasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat ditarik empat kesimpulan.Pertama, materi yang digunakan guru selama proses pembelajaran sudah sesuai dengan KD dan tujuan pembelajaran dalam RPP yang terdiri dari struktur teks eksplanasi. Materi pembelajaran disampaikan guru secara runtut dan rinci sehingga siswa mudah memahami materi tersebut.Materi yang digunakan sesuai dengan buku siswa Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTS dan pengadaan sendiri berupa contoh wacana teks eksplanasi yang telah disediakan.Kedua, metode yang digunakan guru meliputi ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas. Ketiga, media yang digunakan berupa media cetakan, yaitu buku teks siswa dan guru, dan media pajang berupa papan tulis..Keempat, evaluasi pembelajaran yang diterapkan guru sesuai dengan penilaian kurikulum 2013, yaitu penilaian otentik.Penilaian tersebut meliputi penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Kata kunci: pembelajaran, teks eksplanasi, kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Apr 2019 02:44
Last Modified: 16 Apr 2019 02:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13041

Actions (login required)

View Item View Item