IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN PADA SISWA MTS PESANTREN PONDOK MADINAH MAKASSAR

Fauqi, Amal (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN PADA SISWA MTS PESANTREN PONDOK MADINAH MAKASSAR. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL AMAL FAUQI.pdf

Download (74kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran PJOK terhadap pembentukan kepribadian pada santri MTs Pondok Pesantren Madinah Makassar. (2) Untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan guru PJOK dalam membentuk kepribadian santri di MTs Pesantren Pondok Madinah Makassar. (3) Untuk mengetahui factor pendukung implementasi pembelajaran PJOK pada pondok pesantren dalam membentuk santri MTs Pesantren Pondok Madinah Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) atau jenis penelitian kualitatif yang bertempat di MTs Pesantren Pondok Madinah Makassar. Adapun pendekatan deskriptif kualitatif. Penentuan sumber data atau subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling dan yang menjadi sumber data primer adalah guru PJOK, Kepala Sekolah dan Santri/wati. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawacara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan hasil wawancara yang menunjukkan bahwa: Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Implementasi Pembelajaran PJOK Terhadap Pembentukan Kepribadian Santri Mts Pesantren Pondok Madinah Makassar adalah dengan cara menginternalisasikan nilai-nilai luhur dan kepribadian PJOK pada santri. Sehingga berdampak adanya perubahan pada, karakter, olah raga adversity quotion (AQ), olah pikir intellectual quotion (IQ), olah rasa emotional quotion (EQ), dan olah hati spiritual quotion (SQ). Dengan demikian dapat membentuk kepribadian pada Santri. MTs Pesantren Pondok Madinah Makassar, (2) Upaya yang dilakukan Guru PJOK dalam membentuk kepribadian Santri MTs Pesantren Pondok Madinah Makassar dengan melalui pendekatan 1) Keteladanan, 2) Guru PJOK sebagai inspiratory, 3) Guru PJOK sebagai motivator sehingga tercipta semangat belajar, 4) Guru berfungsi sebagai dinamisator, 5) Berperan sebagai evaluator. Dengan demikian dapat membentuk kepribadian santri berada pada kategori baik. (3) Adapun faktor pendukung Implementasi pembelajaran PJOK dalam membentuk kepribadian santri MTs Pesantren Pondok Madinah Makassar adalah: 1) Pengasuh yang bijaksana, 2) Sarana prasarana yang memadai, 3) Pengembangan diri (ekstrakurikuler). Kata Kunci: Implementasi Belajar, Penjasorkes, PembentukanKepribadian.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Apr 2019 07:54
Last Modified: 12 Apr 2019 07:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13037

Actions (login required)

View Item View Item