Nusa Pustaka dan Rumpita dalam Upaya Perkembangan Budaya Literasi di Polewali Mandar

Alfian, Habdad Didi and Sakka, Abdul Rahman A. and St. Junaeda, St. Junaeda (2019) Nusa Pustaka dan Rumpita dalam Upaya Perkembangan Budaya Literasi di Polewali Mandar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (264kB)

Habdad Didi Alfian. 2019. “” dibawah bimbingan oleh dan Program Studi Pendidikan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana awal kemunculan Nusa Pustaka dan Rumpita di Polewali Mandar; (2) Bagaimana upaya Nusa Pustaka dan Rumpita dalam meningkatkan budaya literasi di Polewali Mandar; (3) Bagaimana implikasi kehadiran Nusa Pustaka dan Rumpita dalam budaya literasi di Polewali Mandar. Penelitian ini digunakan metode kualitatifdesain deskriptif. Jumlah informan 18 orang, yang dipilih dengan menggunakan purposive sumpling; dengan karakteristik (1) Penggiat literasi (2) Pelajar (3) Masyarakat.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan teknik analisis data, berupa reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Juga pengabsahan datamenggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa (1) Awal kemunculan Nusa Pustaka tak bisa lepas dariArmada Pustaka dan Perahu Pustaka.Dengan bertambahnya donasi buku, maka untuk dapat menampung buku tersebut, dibuatlah perpustakaan, yaitu Nusa Pustaka.Sedangkan awal kemunculan Rumpitadengan melihat maraknya cafe-cafe yang tidak menyediakan fasilitas buku. Jadi muncul ide untuk membentuk sebuah Rumah Kopi yang menghidangkan makanan, minuman, jaringan wifi dan beberapa buku; (2) Upaya Nusa Pustaka dalam meningkatkan budaya literasi adalah dengan menggunakan perpustakaan bergerak, seperti Bendi Pustaka,Becak Pustaka dan Motor Pustaka. Sedangkan upaya Rumpita dalam meningkatkan budaya literasi, denganmelakukan pembinaan terhadap komunitas, diantaranya komunitas Educare, Rumah Baca Mentari dan Agent Of Sharing; (3) Implikasi kehadiran Nusa Pustaka dalam budaya literasi, kalangan anak sekolah yang sering keNusa Pustakabermain dan belajar dan ada juga yang terbantu dalam meminjam buku dan mengerjakan tugas di Rumpita. Orang tua yang melihat perubahan anaknya dengan sering meminjam buku di Nusa Pustaka, serta masyarakat yang sering menantikan buku yang dibawa Rumpita. Seorang nelayan dan beberapa tahanan yang merasakan manfaatsetelah membaca buku dari Nusa Pustaka dan Rumpita. Terakhir dari komunitas PAGI yang mendapat sumbangsi atau bantuan buku dan Pemuda Takatidung yang terinspirasi dan mengikuti bentuk kegiatan yang dilakukan Nusa Pustaka dan Rumpita. Kata Kunci: Perkembangan, Budaya literasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Antropologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Apr 2019 07:47
Last Modified: 12 Apr 2019 07:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13035

Actions (login required)

View Item View Item