KEWIRAUSAHAAN GURU IPS DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DI SMAN 22 MAKASSAR

QALBI, MAULYAH NURUL and Balkis, Syarifah and Ibrahim, Ibrahim (2019) KEWIRAUSAHAAN GURU IPS DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DI SMAN 22 MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL MAULYAH S.Pd(1464040014).pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

Mauliyah Nurul Qalbi, 2019. Kewirausahaan Guru IPS Dalam Pengembangan Pembelajaran di SMAN 22 Makassar. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Ibu Syarifah Balkis, S.Pd.,M.Pd sebagai pembimbing I, dan Bapak Dr. Ibrahim, S.Ag.,M.Pd sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui upaya kewirausahaan guru IPS dalam pengembangan pembelajaran di SMA Negeri 22 Makassar (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi upaya kewirausahaan guru IPS dalam pengembangan pembelajaran di SMA Negeri 22 Makassar. Metode/Jenis Penelitian Kualitatif atau Deskriptif Kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Kewirausahaan Guru IPS Dalam Pengembangan Pembelajaran di SMAN 22 Makassar yaitu upaya kewirausahaan guru dan faktor-faktor yang mempengaruhi kewirausahaan guru. Dimana dalam upaya kewirausahaan guru IPS menerapkan model pembelajaran, membuka pembelajaran dan strategi mengaktifkan kelas, sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kewirausahaan guru IPS ada dua yaitu faktor internal dan eksternal, yang dimana faktor internal dilakukan oleh guru IPS dalam hal pengembangan potensi seorang guru untuk menginginkan dirinya jauh lebih baik dari sebelumnya. Sedangkan faktor eksternal dipengaruhi oleh latar belakang Guru, Pelatihanguru dan organisasi keguruan, pengalaman guru dan kesejahteraan guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Apr 2019 07:28
Last Modified: 12 Apr 2019 07:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13032

Actions (login required)

View Item View Item