Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Makassar

Agustin, Sari (2019) Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Makassar. S1 thesis, Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Artikel_Sari Agustin.pdf

Download (213kB) | Preview

ABSTRAK Sari Agustin, 2019. Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Makassar. (Pembimbing: Dra. Sitti Hajerah Hasyim, M. Si. dan Dra. Hariany Idris, M. Si ) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 1 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah perilaku belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat yang diukur dengan skala likert. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar yang berjumlah 147 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa dari total keseluruhan siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar. Sampel dipilih dengan proporsional random sampling.. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan program SPSS v.21.00 for windows. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana maka diperoleh persamaan Y = 68,106+ 0,168X, artinya setiap penambahan satu poin pada variabel perilaku belajar, maka akan meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 0,168 satuan.. Hasil uji-t diperoleh nilai signifikan perilaku belajar terhadap hasil belajar sebesar 0,000<0,05. Hasil koefisien determinasi sebesar 12,5 %, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku belajar berpengaruh posistif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Makassar, sehingga dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis penelitian di terima. Kata kunci: Perilaku Belajar, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Apr 2019 07:02
Last Modified: 12 Apr 2019 07:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13031

Actions (login required)

View Item View Item