engaruh Penggunaan Teknik Pembelajaran Window Shopping Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMP Negeri 9 Parepare, Kota Parepare.

HAIRIL, HAIRIL (2019) engaruh Penggunaan Teknik Pembelajaran Window Shopping Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMP Negeri 9 Parepare, Kota Parepare. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL HAIRIL.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK HAIRIL, 2018. Pengaruh Penggunaan Teknik Pembelajaran Window Shopping Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMP Negeri 9 Parepare, Kota Parepare. Peneliatian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Desain ini terdiri atas kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan hasil belajar Fisika peserta didik kelompok yang diajar menggunakan teknik Window Shopping dan kelompok diajar tanpa menggunakan teknik Window Shopping pada peserta didik SMP Negeri 9 Parepare, (2) menganalisis perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Fisika kelompok yang diajar menggunakan teknik Window Shopping dan tanpa menggunakan teknik Window Shopping pada peserta didik SMP Negari 9 Parepare. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Parepare. Sementara yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.3 dan kelas VIII.2. Data yang diperoleh dianalisis statistik deskriptif. Statistik deskriptif menaganalisis kevalidan instrumen. Analisis infernsial untuk mengetahui apakah sampel berasal populasi yang berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan uji t mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik pada kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) hasil belajar Fisika peserta didik pada pembelajaran teknik Window Shopping berada pada kategori tinggi, (2) hasil belajar Fisika peserta didik yang menggunkan teknik pembelajaran 5 M berada pada kategori tinggi dan sedang, (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Fisika peserta didik yang diajar menggunakan teknik Window Shopping dan diajar menggunakan teknik pembelajaran 5 M (mengamati, menanya, mengumpulkan data, menyimpulkan, dan mengomunikasikan). ABSTRACT HAIRIL, 2018. The influence of using Window Shopping Learning Technique to Result Study of Physics in SMP Negeri 9 Kota Parepare. This research was kuasi experiment which using nonequivalent control group design. This design consist of experiment group and controlled group that was not choosing randomly, the significance of the research were (1) describing the learning result of group Physics that taught by using window Technique Shopping and the learning result of group Physics that taught without using window technique shopping to students of SMP Negeri 9 Parepare, (2) analysis the significance differences between the learning result of group physics which taught by using Window Shopping technique and without using Window Shopping technique to students of SMP Negeri 9 parepare. The population of this research were all of the second grade students of SMP Negeri 9 Parepare which consist 0f 9 class and the sample of this research were VIII.3 and VIII.2. The data obtained was analyzed by descriptive statistics. Descriptive statistics analyze the instruments validition. Inferential analysis to find out whether the sample is normally distributed and homogeneous. While t to find out whether thre ware significance differences of the students learning result in experiment and control group. The analysis result showed that (1) the learning result of group physics that using Window Shopping technique was in high classification, (2) the learning result of group physics without using window shopping technique were in high and medium classification, (3) there were significance of students physics learning result who was taught by using window shopping technique and by using 5 M learning technique (observed, asked, collected, of data, conclude, and communicate). Key words: Window Shopping Learning Technique, Result of Physics

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Apr 2019 07:14
Last Modified: 11 Apr 2019 07:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13017

Actions (login required)

View Item View Item